Internasional

Helikopter Berpenumpang 7 Orang Jatuh di Nepal

Sebuah helikopter terbang di atas para pendaki di Neoal yang hendak mencapai pencak Gunung Everest, 17 April 2018 (Foto: AFP/PRAKASH MATHEMA)

Kathmandu: Sebuah helikopter dengan tujuh orang di dalamnya jatuh ke area perbukitan di wilayah pusat Nepal, Sabtu 8 September 2018. Hingga saat ini, otoritas Nepal belum dapat mengetahui kondisi semua orang di helikopter tersebut.

Helikopter Altitude Air itu diterbangkan seorang pilot dan membawa enam penumpang, termasuk satu warga Jepang. Helikopter kehilangan kontak dengan menara pengawas usai lepas landas dari distrik Gorkha.

General Manajer Bandara Kathmandu menyebut puing helikopter itu terlihat di area hutan di kaki bukit distrik Dhading.

"Kami berusaha mencapai lokasi kecelakaan via darat dan udara. Namun cuaca buruk menghambat operasi penyelamatan," ucap dia kepada kantor berita AFP.

Nepal mengalami lonjakan dalam industri jasa helikopter, yang biasa digunakan turis untuk mencapai beberapa sudut terpencil di negara tersebut, dimana akses jalan darat relatif terbatas atau tidak ada sama sekali.

Namun Nepal memiliki catatan buruk dalam hal keselamatan transportasi udara karena minimnya kemampuan staf serta kurangnya penanganan rutin.

Pada 2016, tujuh orang tewas saat sebuah helikopter jatuh sekitar 22 kilometer dari Kathmandu.

Terdapat sejumlah kecelakaan di Nepal yang menewaskan puluhan orang setelah gempa bumi dahsyat menghantam negara tersebut pada 2015.

Uni eropa melarang kedatangan semua maskapai asal Nepal menyusul kekhawatiran internasional mengenai catatan keselamatan transportasi udara negara tersebut.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close