Helikopter Penjaga Perdamaian Jatuh di Sinai, 8 Pasukan Tewas

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Sebuah helikopter Pasukan dan Pengamat Multinasional (MFO) pimpinan Amerika Serikat (AS) jatuh di Sinai, Mesir, dekat kota resor Sharm el-Sheikh. Delapan anggota pasukan penjaga perdamaian dilaporkan tewas.

Dilansir Reuters, Jumat (13/11/2020), pasukan yang tewas terdiri enam dari Amerika Serikat, satu orang dari Prancis dan satu orang dari Ceko, yang kesemuanya merupakan anggota militer.

Berita Lainnya

MFO mengatakan, ada satu pasukan perdamaian asal Amerika Serikat yang selamat. Kini mendapat perawatan medis di sebuah rumah sakit di Israel.

Seorang pejabat yang enggan disebut namanya mengatakan, kepada kecelakaan tersebut disebabkan oleh kerusakan mekanis.

Senada disampaikan Kementerian Pertahanan Ceko mengonfirmasi penyebab kecelakaan karena kesalahan teknis.

MFO dibentuk untuk memantau demiliterisasi Sinai di bawah perjanjian perdamaian Mesir-Israel 1979.

Ada 13 negara yang mengirim pasukan untuk misi ini, terbanyak Amerika Serikat. Kairo melihat MFO sebagai bagian dari hubungan dengan Israel. Bagi Israel, MFO menawarkan jaminan strategis.

Jumlah telah berkurang dalam beberapa tahun terakhir karena negara-negara tetangga memperketat kerja sama keamanan melawan pemberontak Sinai yang dipimpin ISIS.

Dilansir dari situs webnya, MFO memiliki 1.154 personel militer dari Amerika Serikat dan 12 negara lain yang meliputi area seluas lebih dari 10.000 kilometer persegi (3.860 mil persegi) di Sinai. [rif]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *