Helwis, Terpidana Korupsi Randis Pemkot Padang Diciduk Intel Kejagung di Depok

  • Whatsapp
Kepala Kejaksaan Tinggi Sumbar Priyanto didampingi Aspidsus dan Kejari Padang memberikan keterangan pers terkait penangkapan buronan, Jumat (22/11/2019).

INDOPOLITIKA.COM – Tim intelijen Kejaksaan Agung akhirnya berhasil mangamankan eks pejabat Kota Padang, HM Helwis, setelah kabur hampir satu tahun. Helwis merupakan buronan kasus korupsi pengadaan mobil di Sekretariat Kota Padang, Sumatera Barat dan dijatuhi vonis 5,5 tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider 6 bulan kurungan.

Selain itu, dia juga dihukum membayar uang pengganti Rp 600 juta subsider 1 tahun penjara berdasarkan putusan Mahkamah Agung pada 15 Mei 2017 lalu. “Saat ini terpidana Helwis, tengah menanti proses pemindahan menuju Padang, Sumbar, untuk menjalani proses hukumannya,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkunm) Kejaksaan Agung, Mukri, Jumat (22/11/2019).

Muat Lebih

“Helwis merupakan pelaku kejahatan yang ke–154 yang terkategori sebagai tersangka, terdakwa dan terpidana,” sambung Mukri.

Mukri mengimbau para buronan, baik yang berstatus tersangka, terdakwa maupun terpidana agar menyerahkan diri mengikuti proses hukum yang berlaku di negeri ini. “Dimanapun bersembunyi bahkan sampai ke lobang semut pun ngumpetnya akan kami kejar. Karena itu menyerahlah sebelum kami tangkap,” tandasnya.

Sementara Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Barat Priyanto mengatakan, saat ini terpidana yang buron sejak 2018 itu sudah dieksekusi ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Muaro Padang untuk menjalani hukuman.

Menurut Priyanto, terpidana ditangkap setelah pihaknya melakukan pelacakan secara intensif. Saat itu, terpidana terlacak berada di Depok, Jawa Barat. Kemudian, petugas langsung melakukan penangkapan di sebuah perumahan di Sawangan, Depok. “Setelah kita lacak secara intensif, terpidana ini terdeteksi berada di sebuah perumahan di Sawangan, Depok. Petugas langsung bergerak melakukan penangkapan,” kata Priyanto.[asa]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *