Herman Deru Ajak Pelajar Sumsel Jadikan Fornas Ajang Lestarikan Olahraga Tradisional

Gubernur Sumsel, Herman Deru/ist

INDOPOLITIKA.COM – Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengajak pelajar memanfaatkan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) yang dijadwalkan berlangsung pada 29 Juni – 7 Juli 2022 untuk melestarikan olahraga tradisional.

Ajakan tersebut diungkapkan Herman Deru ketika menjadi inspektur Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang seharusnya pada 2 Mei 2022 baru bisa dilaksanakan di Palembang, Jumat, (14/5/2022).

Bacaan Lainnya

Menurut Gubernur, Fornas merupakan ajang kompetisi olahraga rekreasi yang bertujuan tidak hanya untuk kebugaran jasmani, tetapi juga sebagai upaya melestarikan budaya daerah dan nasional.

Olahraga rekreasi yang sudah jarang dikenal oleh masyarakat diharapkan dengan adanya Fornas di Palembang pada pertengahan tahun ini, olahraga rekreasi dapat dikenal oleh masyarakat secara luas.

Kemudian melalui olahraga rekreasi itu diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat mengembangkan olahraga rekreasi dan tradisional serta jalinan hubungan sosial, ujar gubernur.

Sementara sebelumnya Ketua Umum Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Nasional Hayono Isman menjelaskan bahwa Fornas VI Sumatera Selatan memiliki 52 cabang olahraga masyarakat yang diperlombakan.

Terdiri atas olahraga tradisional, permainan dan olahraga modern yang bersifat massal seperti tarik tambang, paralayang, breakdance, wushu, dan Perahu Bidar dan lainnya.

Olahraga ekstrem seperti sepeda BMX dan skateboard atau freestyle basket, olahraga kebugaran seperti senam, sepeda santai, jalan sehat dan panjat tebing,

Fornas ini, kata dia, merupakan ajang olahraga yang berbeda dari olahraga prestasi.Misi besar Formas ini yaitu melestarikan budaya olahraga masyarakat baik daerah dan nasional yang dikompetisikan sehingga peran aktif masyarakat akan tumbuh.

Fornas VI dirasa istimewa karena memperlombakan cabang olahraga perahu Bidar yang merupakan olahraga warisan budaya Sumatera Selatan.

Khusus untuk cabor itu, akan disiapkan secara maksimal sebab dipersiapkan juga untuk pemecahan rekor nomor olahraga dayung dunia, kata dia.[dbm]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.