Herman Deru Harap Aneka Ragam Kuliner Leluhur Tetap Dijaga dan Dilestarikan

  • Whatsapp

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru mengapresiasi penyelenggaraan Festival Kuliner dan Telok Abang 2019.

Kita bangga karena usaha ini bukan sekedar nilai tampilannya melainkan untuk mempertahankan keaneka ragaman kuliner yang berasal dari leluhur kita

Muat Lebih

Karena menurutnya kegiatan ini dapat mempertahankan keanekaragaman kuliner yang berasal dari leluhur agar tetap terjaga dan dilestarikan untuk generasi seterusnya.

Hal tersebut diutarakan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru pada saat membuka Festival Kuliner dan Telok Abang 2019 yang dipusatkan Balai Prajurit Sekanak Palembang, Rabu (14/8/2019)

“Saya berharap agar kegiatan ini dapar mengangkat kembali budaya telok abang, sehingga masyarakat akan mengenal telok abang. Selain itu diharapkan dapat meningkatkan minat para UMKM yang akan berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat,” ujarnya. .

Herman Deru juga berharap agar telok abang dapat terkenal seperti makanan khas Palembang yang telah terkenal lainnya.

“Kita tahu di Kota Palembang ini tidak lengkap jika perayaan 17 Agustus 2019 ini tidak ada telok abang” jelas Gubernur Herman Deru

Menurut Gubernur apa yang dilakukan Himpunan Putra-Putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD) DPD Sumsel dan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sumsel yang telah menjaga kelestarian tradisi telok abang melalui Festival Kuliner dan Telok Abang 2019 patut di apresiasi.

“Inilah jelinya para UMKM, mereka berupaya tetap mengenang kreatifitas leluhur dengan kreasi telok abang ada kapal-kapalan,” tambahnya.

Lanjut Gubernur Herman Deru, sudah selayaknya Festival Kuliner dan Telok Abang yang gelar dari tanggal 14 hingga 18 Agustus 2019 dimanfaatkan oleh pedagang untuk berjualan dengan hasil kreasi seni yang lebih kreatif. Sehingga akan menarik bagi calon pembeli khususnya warga Kota Palembang.

Pada kesempatan itu juga Herman Deru ketika membuka festival tersebut sempat membelikan kedua cucu kesayangannya (Danis dan Deka) mainan telok abang lengkap dengan mainan pesawat terbang dan kapal laut.

Senada dengan Gubernur, Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Syafrial mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Kadin Sumsel dan Ketua HIPAKAD serta anggota yang telah berinisiatif mengadakan Festival kuliner dan Telok Abang 2019.

“Festival ini sebagai ajang promosi keberagaman makanan khas Sumsel sudah sepatutnya kita dukung dengan harapan akan semakin memperkaya varian kuliner nusantara,” tegasnya.

Sementara itu sebelumnyan Ferdi Aligafur selaku Ketua Panitia pelaksana Featival menegaskan HIPAKAD DPD Sumsel ini terbentuk sejak satu tahun lalu dengan anggota lebih kurang 100 orang. Dengan program fokus pada bidang sosial, pengajian, arisan, yasinan, dan kegiatan-kegiatan positif lainnya.

“HIPAKAD) DPD Sumsel berkolaborasi dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumsel menggelar Festival Kuliner dan Telok Abang. Tujuannya untuk memeriahkan HUT RI ke 74 sekaligus untuk mengaungkan kembali budaya tahunan Palembang yaitu telok abang,” tandasnya. (ind)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *