Politik

Herman Deru-Mawardi Yahya Ingin Seluruh Warga Sumsel Dapat Terlayani BPJS

Target BPJS Kesehatan untuk mencapai universal health coverage (UHC) di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) cukup berat. Sebab, sampai Januari yang ter-cover program JKN-KIS tersebut baru 55,6 persen. Atau 4,5 juta dari total penduduk 8,1 juta.

Pendek kata, dalam 2 tahun ini, BPJS Kesehatan harus merekrut 3,6 juta warga Sumsel yang belum punya jaminan kesehatan. UHC Sumsel bahkan lebih kecil dari nasional yang sudah 72,9 persen. Dengan 66 juta masyarakat Indonesia diperkirakan belum jadi peserta BPJS Kesehatan.

Permasalahan BPJS ini menjadi perhatian serius calon gubernur Sumsel nomor urut satu Herman Deru. Seperti diketahui, selain pembenahan program sekolah gratis, program pembenahan kesehatan gratis juga menjadi salah satu program unggulan Herman Deru. Mengingat pada kenyataanya saat ini masyarakat masih dipungut biaya.

“Sampai saat ini, tercatat sekitar 3,4 juta warga Sumsel yang belum mendapatkan layanan BPJS. HDMY ingin agar seluruh warga Sumsel dapat terlayani BPJS. Sehingga seluruh warga mendapatkan layanan kesehatan secara gratis. HDMY akan berupaya sekuat tenaga untuk mewujudkan itu. Apalagi Sumsel adalah provinsi yang kaya,’’ tegas Herman Deru di Prabumulih, Jum’at (16/3/2018).

Dalam kampanye dialogis yang dihadiri ribuan warga tersebut, mantan Bupati OKU Timur dua periode itu kembali menegaskan bahwa jika diberi kepercayaan memimpin Sumsel, maka pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya (HDMY) akan membangun Sumsel secara merata di 17 kabupaten /kota.

“HDMY akan membangun Sumsel secara merata. Semua kabupaten dan kota akan mendapatkan perhatian yang sama, bukan hanya daerah tertentu saja. HDMY ingin seluruh masyarakat Sumsel merasakan pembangunan,’’ tegas HD disambut tepuk tangan antusias warga. (red)

Tags

Artikel Terkait

Close
Close