INDOPOLITIKA.COM – Membuka Rapat Telaah Program Bangsa Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Tahun 2022, Gubernur Sumsel H. Herman Deru optimis tahun 2024 Sumsel mampu capai target nasional dalam penurunan stunting.

Diketahui Pemerintah Pusat menetapkan target 14 persen dalam menurunkan stunting. Demi mewujudkan hal tersebut, Herman Deru ingatkan para penyuluh dan seluruh mitra hingga lembaga terkait yang ada diseluruh Kabupaten dan Kota mengoptimalkan dan mempertajam kerja dalam memberikan pendampingan bagi para calon ibu, khususnya persoalan kesadaran.

“Dalam persiapan seorang perempuan menjadi seorang ibu tentu harus mempunyai kesadaran akan gizi janin, jadi dalam rapat ini para penyuluh harus menajamkan persoalan kesadaran yang dibangun juga oleh semua pihak baik itu unsur pemerintah, tokoh masyarakat, organisasi, hingga tokoh agama, samapi posyandu agar nantinya para ibu sadar,” Kata Herman Deru saat membuka Rapat Telaah Program Bangsa Kencana, di Ballroom Hotel Aston, Rabu, (02/11/2022).

Apaagi menurutnya Sumsel menjadi salah satu daerah sebagai lumbung pangan dan mempunyai kemandirian pangan sendiri, sudah seharusnya angka stunting di Sumsel menurun.

Dia juga menilai, Stunting dapat dicegah sejak dini dengan kehamilan yang terencana.

Disamping itu juga, sebagai kepala daerah dirinya tegas memberi warning kepada seluruh Bupati dan Walikota di Sumsel untuk menseriusi penanganan stunting di daerahnya masing-masing.

Diketahui juga, berdasarkan hasil sensus tahun 2020 prevalensi kasus stunting di Sumsel mengalami penurunan yang cukup signifikan pada tahun 2019 28,9 persen menjadi 24,8 persen pada tahun 2021.

Dengan waktu kurang lebih 2 tahun mulai sekarang Sumsel siap mencapai target yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Diketahui juga, peserta rapat telaah tersebu diikuti oleh kurang lebih 600 peserta dari Kabupaten dan Kota dimana diantaranya 144 diikuti secara ofline dan sisanya diikuti secara online.[dbm]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com