Internasional

Hilang 50 Tahun, Jasad Beku Prajurit India Ditemukan

Pegunungan Himalaya India. (Foto: AFP)

New Delhi: Jasad beku seorang prajurit India ditemukan tim pendaki gunung di sebuah gletser Himalaya, 50 tahun setelah dia dan lebih dari 100 rekannya tewas dalam sebuah kecelakaan pesawat militer.

Tim pendaki juga menemukan sejumlah puing pesawat milik Angkatan Udara India, jenis Antonov An-12 buatan Uni Soviet. Pesawat itu dilaporkan jatuh pada Februari 1968.

"Kami menemukan tangan manusia yang menjorok keluar dari lapisan es. Seluruh tubuhnya dapat terlihat dari balik gletser," ujar kepala tim pendakian Rajiv Rawat kepada kantor berita AFP, Sabtu 21 Juli 2018.

Rawat telah menghubungi militer India, yang kemudian meluncurkan operasi untuk mengambil jasad serta puing pesawat.

Ekspedisi yang dipimpin Rawat menemukan jasad tentara itu di ketinggian 5.500 meter di pegunungan Himalaya India. Ini merupakan jasad kelima yang ditemukan terkait kecelakaan 50 tahun lalu.

Sebelumnya, satu jasad terkait kecelakaan telah ditemukan dan diidentifikasi pada 2013. Total 102 orang tewas dalam kecelakaan tersebut, termasuk 98 prajurit.

Kecelakaan terjadi saat pesawat tujuan bandara Kashmir itu tidak dapat mendarat akibat cuaca buruk. Menara pengawas kemudian kehilangan kontak dengan pesawat itu di bukit Spiti di India utara.

Meski diguyur salju lebat dengan kondisi berbahaya, Himalaya India merupakan salah satu situs populer bagi para pendaki lokal dan asing.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close