Pemilu

Hingga Saat Ini, KPU Sudah Coret 174 WNA yang Masuk DPT di Pemilu 2019

Indopolitika.com, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum RI (KPU) kembali mendapat laporan sebanyak 73 warga negara asing (WNA) yang terdaftar dalam pemilih tetap (DPT) di Pemilu 2019.

Komisioner KPU, Viryan Aziz mengatakan pihaknya telah menelusuri 7‎3 WNA tersebut, dan benar adanya terdaftar di DPT Pemilu 2019.

“Hari ini KPU menerima laporan dari 11 KPU Provinsi hasil koordinasi dengan KPU Kabupaten/Kota (adanya 73 WNA terdaftar di DPT),” ujar Viryan saat dihubungi, Jumat (8/3).

Mendapat laporan tersebut, KPU pun bertindak cepat dan telah mencoret 73 WNA masuk dalam DPT pemilu 2019. Sehingga, yang terdapat dalam DPT pemilu 2019, memang hanya warga negara Indonesia (WNI).

“‎Kami telah melakukan pencoretan WNA masuk DPT ada 73 WNA ,” katanya.

Viryan melanjutkan, ke-73 WNA itu di luar dari daftar 101 nama yang sebelumnya ditemukan. Sehingga total WNA yang masuk DPT Pemilu 2019 dan telah dicoret KPU yakni sebanyak 174 nama

Viryan menjelaskan, ke-73 WNA tersebar di 11 provinsi di Indonsia, mulai dari Jakarta, Banten, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Yogyakarta, Jawa Tengah, sampai Jawa Timur.

“WNA itu berasal dari 25 negara yang terdaftar di DPT, itu berdasarkan ‎laporan KPU daerah,” ungkapnya.

‎Sebelumnya, Ketua KPU Arief Budiman menyebut lembaga yang dipimpinnya telah mencoret 101 WNA yang terdaftar untuk pesta demokrasi lima tahunan ini. Terbanyak adalah warga negara Jepang. (JP)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close