Internasional

Hiu Besar Serang Wanita dan Anak-Anak di Pantai Australia

Ilustrasi ikan hiu. (Foto: AFP)

Queensland: Dua ikan hiu besar menyerang seorang wanita dan bocah perempuan di salah satu situs wisata ternama di Great Barrier Reef, Australia.

Kedua korban  — salah satu dari mereka baru berusia 12 tahun — masih dirawat di rumah sakit pada Minggu 23 September 2018. Keduanya diserang dalam insiden terpisah di perairan Whitsunday Islands.

Otoritas setempat kemudian berusaha melacak kedua hiu tersebut. Petugas menggunakan kail yang dipasangi umpan, dan berhasil menangkap dua hiu — salah satunya memiliki panjang tubuh 3,3 meter.

"Walau hiu dalam ukuran seperti ini sangat berbahaya bagi manusia, belum diketahui pasti apakah mereka ini yang telah melukai dua perenang," ucap juru bicara Departemen Perikanan Queensland, seperti dikutip dari kantor berita AFP.

"Bangkai dua hiu ini akan dibawa untuk dibuang di lautan," lanjut dia.

Ia menambahkan, jebakan hiu akan tetap dipasang hingga pekan depan untuk mengurangi risiko terjadinya serangan lanjutan.

Serangan hiu sangat jarang terjadi di Whitsundays — area dengan deretan pulau tropis di jantung Great Barrier Reef. Serangan terakhir di area tersebut dilaporkan terjadi delapan tahun lalu.

Insiden terbaru ini menghidupkan kembali perdebatan mengenai cara terbaik mengurangi risiko terjadinya serangan hiu terhadap manusia.

Banyak pakar kelautan dan ilmuwan menolak membunuh hiu, dan juga berkukuh jebakan jenis drum lines pada kenyataannya juga sering menjerat hewan laut lain.

New South Walrs, salah satu negara bagian di Australia, telah mencoba pendekatan tanpa kekerasan dengan mengerahkan pesawat tanpa awak untuk mengawasi pergerakan hiu.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close