Internasional

Hong Kong dan Tiongkok Bersiap Hadapi Topan Mangkhut

pemandangan umum Hong Kong. (Foto: AFP)

Hong Kong: Topan Mangkhut, disebut-sebut pakar meteorologi sebagai badai terkuat tahun ini, telah melanda bagian utara dari pulau Luzon di Filipina dan menewaskan belasan orang.

Usai mengobrak-abrik Filipina dan bergerak menjauh pada Sabtu malam, Topan Mangkhut diestimasi tiba di Hong Kong dan Tiongkok selatan pada Minggu 16 September 2018.

Lebih dari 500 penerbangan di salah satu bandara tersibuk di Hong Kong dibatalkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan akibat Mangkhut.

Dengan kecepatan angin hingga 200 kilometer per jam, Mangkhut akan melintasi Laut China Selatan dan melewati area padat penduduk di Hong Kong, Makau dan juga Taiwan.

Seperti dikutip dari The Sydney Morning Herald, Mangkhut diprediksi tiba di Hong Kong hari ini dengan membawa hujan deras dan angin kencang. Topan ini kemudian akan tiba di pulau utama Tiongkok pada Senin pagi.

Warga Hong Kong telah memperkuat jendela rumah mereka dan menyiapkan pasokan makanan serta minuman. Otoritas Hong Kong mengingatkan Mangkhut mungkin adalah badai terkuat yang akan dirasakan warga tahun ini.

Otoritas Tiongkok di provinsi Guangdon telah memanggil kembali lebih dari 30 ribu kapal penangkap ikan.

Dua pembangkit listrik tenaga nuklir juga disiapkan agar tidak terjadi kebocoran saat Mangkhut datang.

Pusat Meteorologi Tiongkok telah mengeluarkan peringatan Merah atas Mangkhut, yang merupakan level tertinggi dalam skala bencana di Negeri Tirai Bambu, pada Sabtu malam.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close