Hubungan Iran – AS Memanas, India Fokus Selesaikan Pembangunan Pelabuhan Chabahar

  • Whatsapp
Duta Besar India untuk Iran Gaddam Dharmendra.

INDOPOLITIKA.COM – Duta Besar India untuk Iran Gaddam Dharmendra mengatakan negaranya sangat senang dengan progress pembangunan pelabuhan utama India, di tenggara Iran.

Berbicara kepada Press TV, Dharmendra mengatakan bahwa India tidak pernah menghentikan operasi di Chabahar, satu-satunya pelabuhan laut utama Iran yang terletak di Laut Oman, di mana New Delhi berupaya membuka pintu gerbang ke pasar di Afghanistan dan di kawasan Asia Tengah.

Baca juga:

“Saya pikir kami membuat kemajuan yang stabil. Seperti yang Anda tahu, sudah satu tahun sejak kami mengambil alih operasi pelabuhan. Jadi sekarang kami mendapatkan beberapa persetujuan dan pengadaan peralatan untuk pelabuhan, ”kata Dharmendra dalam wawancara yang dilakukan Minggu (26/1/2020).

Utusan itu mengatakan bahwa India akan meningkatkan aktivitasnya di Chabahar kendati ada sanksi yang dijatuhkan AS terhadap Iran.

Dia mengatakan para pejabat dari Organisasi Pelabuhan dan Maritim Iran dan kementerian terkait di India akan bertemu pada awal Februari di New Delhi untuk membuat kesepakatan lebih lanjut terkait perjanjian bilateral untuk pelabuhan.

“Kita harus sabar, ini investasi modal. Hanya satu tahun sejak kami mulai beroperasi, tetapi Anda tahu keadaan ini agak sulit, “kata Dharmendra.

“Kita harus percaya diri, kita harus optimis. Kami berusaha keras untuk menyelesaikan pelabuhan sesukses mungkin,” tambahnya.

Dia juga mengatakan bahwa Iran telah membuat keputusan yang tepat untuk terlibat dalam kemitraan dengan India dalam pengembangan Chabahar. “Kami menghargai kepercayaan Iran menempatkan India sebagai mitra. Saya pikir itu adalah pilihan yang tepat,” katanya.[asa]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *