Internasional

Hubungi Menlu Retno, Dubes AS Tawarkan Bantuan

Kehancuran akibat gempa dan tsunami di kota Palu, Sulawesi Tengah, 30 September 2018. (Foto: AFP)

Jakarta: Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr. turut berduka cita atas gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah. Gempa berkekuatan 7,7 Skala Richter tersebut sejauh ini telah menewaskan lebih dari 800 orang.

"Segenap karyawan Kedutaan Besar AS di seluruh Indonesia menyampaikan belasungkawa kepada keluarga dan masyarakat yang terkena dampak gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah," kata dia dalam pernyataan pers yang diterima Medcom.id, Minggu, 30 September 2018.

Donovan menuturkan dirinya juga telah menghubungi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan menawarkan bantuan.

"Indonesia adalah mitra penting, dan kami siap bekerja sama untuk memberikan dukungan dan bantuan kepada mereka yang membutuhkan," tukas dia.

Baca: Uni Eropa Aktifkan Satelit Copernius untuk Bantu Indonesia

Gempa berkekuatan 7,7 Skala Richter mengguncang wilayah Donggala pada Jumat 28 September. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sempat mengeluarkan peringatan tsunami.

Namun pada sore hari usai peringatan tsunami dicabut, gelombang air setinggi 1,5 hingga 3 meter menghantam ibu kota Sulawesi Tengah, Palu. Kota porak-poranda diterjang gelombang air.

Data terbaru Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan 832 orang tewas akibat insiden tersebut, dengan 540 lainnya mengalami luka berat. Jumlah korban dapat bertambah karena masih ada yang dilaporkan hilang.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close