Hunian Milenial, Antara Sewa atau Ikut Program KPR

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Bagi Pekerja milenial yang merantau atau memutuskan untuk hidup mandiri, bukan hanya persoalan tentang mencari tempat tinggal yang tepat bisa menjadi masalah tersendiri.

Jauh dari keluarga, pengeluaran yang tidak terkontrol dan banyaknya kebutuhan serta gaya hidup yang semakin hari semakin berubah ubah. Tetapi pernahkah anda memikirkan masa depan anda atau masa tua anda. Ada 2 pilihan untuk yang akan anda lakukan yaitu Anda bisa memilih membeli rumah dengan sistem KPR (Kredit Pemilikan Rumah) atau menyewa setiap bulan tanpa menjadi milik sendiri nantinya.

Berita Lainnya

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam mempertimbangkan oleh pekerja milenial misalnya pendapatan, jarak tempat kerja dengan tempat tinggal anda. Serta biaya kehidupan sehari-hari yang anda keluarkan. Manfaat KPR yang bisa anda pertimbangkan untuk masa depan anda nantinya.

 

Manfaat KPR :

Menabung namun membeli Asset (Rumah), Selain menabung kita akan memiliki asset yang semakin lama waktu berjalan akan mempunyai harga yang jauh lebih tinggi, Rasa aman dan adanya kepastian jangka panjang, menimbulkan rasa aman di hari tua nanti tanpa harus memikirkan tempat tinggal di masa tua nanti.

Kekurangannya :

Banyak biaya tambahan
Program KPR memang tidak seperti menyewa kost atau tempat tinggal perbulan. KPR memerlukan dana tambahan berupa dana perawatan rumah, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan pengeluaran tidak terduga lainnya.

Waktu

Terkadang banyak milenial yang berpikir bahwa jangka waktu KPR memang tidak lah sebentar. Kemungkinan mereka akan terbebani dengan waktu yang bertahun tahun untuk cicilan KPR ini.
DP yang lumayan besar,
Beberapa sistem KPR memang harus mempunyai DP yang besar untuk memudahkan nominal cicilan yang akan dibayar tiap bulannya.
Sulitnya disetujui. Terkadang ada beberapa pengelola KPR pun yang mempunyai pertimbangan sendiri terhadap calon nasabah KPR dan hal ini yang membuat milenial ragu apakah bisa di acc dalam mengajukan KPR tersebut.

Manfaat Sewa

Banyak pilihan
Menyewa tempat tinggal bisa sesuai dengan keinginan anda. Dan terkadang bagi para milenial mereka akan memilih tempat tinggal yang mengikuti gengsi akan teman temannya. Atau jarak yang dekat antara tempat kerja dengan tempat sewa nya.
Fleksibilitas Finansial
Beberapa milenial memilih tempat tinggal sesuai dengan kemampuan dan kesanggupan nya dari hasil pendapatan yang mereka miliki. Jadi bagi mereka yang belum memiliki kemampuan finansial stabil. Anda harus memikirkan dahulu untuk mengambil KPR.

Kekurangannya :

Rugi dalam jangka panjang
Menyewa terus menerus dimasa yang akan mendatang anda tidak akan memiliki asset berupa tempat tinggal sedangkan semakin bertambahnya usia pengeluaran dan tanggung jawab anda akan semakin bertambah
Jadi berpikirlah mulai dari sekarang bahwa “setiap uang sewa yang kita bayarkan tidak bisa dianggap sebagai tabungan karena tidak akan menjadi asset yang menjadi hak milik dimasa mendatang dan Apartemen/Kost yang kita sewa akan tetap jadi milik orang lain”.

Artikel Oleh: Ulfa Norma Yulita

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *