HUT Kabupaten Sukabumi Diperingati di Tanggal Yang Baru, 10 September

  • Whatsapp

INDOPILITKA.com –  Hari ini 10 September 2019 menjadi moment pertama bagi Kabupaten Sukabumi untuk merayakan hari jadinya yang ke-149. Sebelumnya hari jadi kabupaten terluas di Jawa Barat ini diperingati setiap 1 Oktober.

Perubahan hari jadi ini sesuai berdasarkan peraturan daerah (Perda) Kabupaten Sukabumi No 14 tahun 2018, yang menetapkan 10 September 1870 sebagai hari lahirnya Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga:

Perda tersebut, seperti dikutip radarsukabumi.com, merevisi Keputusan DPRD Kabupaten Sukabumi no 02 tahun 1993 tentang penetapan hari jadi Kabupaten Sukabumi. Sebelumnya dalam keputusan itu, perayaan HUT Kabupaten Sukabumi jatuh pada tanggal 1 Oktober.

Beberapa waktu lalu, Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, perubahan hari jadi menjadi 10 September tak lain sebagai upaya untuk memperbaiki dan menyempurnakan sejarah Kabupaten Sukabumi.

“Dasarnya ada bukti sejarah berupa surat menyurat pada 10 September 1870 dan terdapat istilah pertama kali yakni sebutan patih. Yang berarti kepala pemerintahan di tingkat kabupaten,” papar Marwan.

Sejak tanggal dan tahun itu pula, maka Kabupaten Sukabumi dipimpin oleh bupati dari kalangan bangsa sendiri. Putra daerah bukan dari penjajah Belanda. Rekontruksi sejarah ini sudah melalui kajian para pakar sejarah dari Universitas Padjajaran, selama 1 tahun terakhir. (rma)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *