HUT ke-197, Peru Kenalkan Budayanya di Jakarta

  • Whatsapp
Malam kebudayaan Peru di Jakarta. (Foto: Marcheilla Ariesta)

Jakarta: Peru merayakan peringatan Hari Kemerdekaan ke-197 di Jakarta. Peringatan ini dirayakan dengan menggelar Malam Kebudayaan di Jakarta.

Berbagai pertunjukkan tari dan musik asal Peru dipertunjukkan kepada tamu undangan yang hadir. Beberapa tarian di antaranya Wititi Dance, Valicha, Huaylarsh, Vals Peruano, dan Marinera Nortena. 

Baca Juga:

Sementara itu, grup musik Los de Antano membawakan tiga lagu, seperti El Condor Pasa, Carinito dan Popurri.

Duta Besar Peru untuk Indonesia Julio Cardenashas mengatakan sangat senang bisa memperkenalkan budaya negaranya lewat acara tersebut.

"Saya berharap Anda semua senang dan menikmati pertunjukkan ini," tuturnya di Gedung Perfilman Usmar Ismail, Jakarta, Kamis 26 Juli 2018.

Dia menambahkan hubungan antara Indonesia dan Peru semakin baik setiap tahunnya. Di bidang perdagangan misalnya, tutur Cardenashas, hubungan kedua negara meningkat, terlihat dari tren perdagangan yang positif.

Cardenashas berharap hubungan yang lebih baik terus tercipta di masa depan.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhaikiri yang hadir dalam perayaan tersebut, mengatakan Indonesia dan Peru telah menjalankan hubungan timbal balik untuk meningkatkan dan memperkuat tali persahabatan serta kerja sama berdasarkan kesetaraan dan penghormatan satu sama lain.

Dia menambahkan tepat pada 12 Agustus mendatang, kerja sama diplomatik Indonesia-Peru memasuki usia ke-43. 

"Kerja sama bilateral dilakukan dalam berbagai hal, termasuk ekonomi dan perdagangan, pertanian, kelautan dan sosial budaya serta hubungan persahabatan antar rakyat," papar dia.

Volume perdagangan bilateral antara Indonesia dan Peru menunjukkan tren positif. Di tahun 2016 total perdagangan antara dua negara mencapai USD218,41 juta dan pada tahun 2017 total perdagangan meningkat menjadi USD229,98 juta. 

"Indonesia siap bekerja sama dengan Peru untuk meningkatkan hubungan dagang melalui misi perdagangan, kerja sama melalui kamar dagang dan partisipasi dalam pameran-pameran perdagangan serta penetapan sebuah perjanjian ekonomi yang menyeluruh," pungkas Hanif.

Hanif juga menyampaikan penghargaan atas dukungan pemerintah dan rakyat Peru selama masa pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap dewan keamanan PBB untuk masa 2019-2020.

"Dalam kerja sama erat dengan Peru dan Negara-negara lain, Indonesia bersiap untuk memainkan sebuah peran global sebagai kekuatan konstruktif untuk perdamaian, kemakmuran dan siap untuk bekerja sama erat dengan seluruh pihak demi tercapainya tujuan mulia tersebut," pungkas Hanif.

Hadir dalam acara tersebut, beberapa pejabat dan tokoh ternama Indonesia serta para duta besar dan perwakilan negara sahabat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *