HUT PGRI ke-77, UPTD Puskesmas Pagedangan Menggelar Skrining Penyakit Tidak Menular Bagi Guru

Dalam rangka HUT PGRI ke-77, UPTD Puskesmas Pagedangan menggelar skrining penyakit tidak menular. Foto/Samsul

INDOPOLITIKA.COM – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Pagedangan bersama PGRI Kecamatan Pagedangan menggelar skrining penyakit tidak menular (PTM) bagi guru dan warga Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten, Senin (28/11/2022).

Skrining tersebut dilakukan dalam rangka memperingati HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Ke-77. Selain itu, ini juga untuk meningkatkan kesadaran serta pemahaman pentingnya deteksi dini PTM.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pemerhati Pendidikan, Intan Nurul Hikmah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Syaifullah, Camat Pagedangan A Zaenudin, ketua PGRI Enoh Maulina, dan Kepala Puskesmas Pagedangan dr. E. Riris Anita Tarihoran

“Skrinning PTM dilakukan di Kantor Kecamatan Pagedangan. Pemeriksaan yang dilakukan petugas, meliputi pemeriksaan antropometri (berat badan, tinggi badan dan lingkar perut) untuk melihat obesitas,” ujar Kepala UPTD Puskesmas Pagedangan, dr. E. Riris Anita Tarihoran.

Selain itu, ada Pemeriksaan Lab meliputi Pemeriksaan gula darah sewaktu untuk deteksi dini penyakit diabetes melitus, asam urat dan kolesterol, serta Pemeriksaan IVA untuk deteksi dini penyakit kanker leher rahim, data hasil Screening Kesehatan tersebut akan disampaikan hasilnya melalui aplikasi ASIK.

Dengan adanya kegiatan ini, ia berharap kesehatan masyarakat dan guru khusunya akan terpantau sejak dini.

“Sehingga antisipasi terhadap penyakit tidak menular bisa segera diantisipasi karena penyakit itu muncul disebabkan gaya hidup yang kurang sehat,” paparnya. [Red]

Bagikan:

Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *