Inilah Lima Caleg Partai Demokrat Yang Lolos Dengan Suara Terbanyak

Ibas Terkuat, Dede Yusuf Ketiga

  • Whatsapp
Edhie Baskoro Yudhoyono (IBas) Dan Dede Yusuf

INDOPOLITIKA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan perolehan suara partai politik hasil Pemilu 2019. Penetapan perolehan suara dan jumlah kursi di DPR 2019-2024 itu dilakukan di Kantor KPU, Sabtu (31/8/2019). Partai Demokrat meraih 10.876.057 suara (7,77 persen). Hasil itu membuat parpol besutan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono itu meraih 54 kursi DPR di Senayan.

Di internal Partai Demokrat caleg peraih suara terbanyaknya pun tak jauh-jauh masih tetap putra bungsu mantan Presiden SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas). Sementara mantan Wakil Gubernur Jawa Barat yang juga artis Dede Yusuf Macan Effendi harus puas menempati posisi tiga.

Baca Juga:

Berikut lima caleg Demokrat yang lolos dengan suara terbanyak:

1. Edhie Baskoro Yudhoyono

Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas maju dari daerah pemilihan Jawa Timur VII. Putra bungsu Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono ini memperoleh sebanyak 263.510 suara. Sebelumnya, Ibas juga sudah beberapa kali menjadi politisi Senayan.

2. Hasani Bin Zuber

Hasani mencalonkan diri di daerah pemilihan Jawa Timur XI. Di dapil yang meliputi kabupaten Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep itu, Hasani meraih 170.859 suara. Ia merupakan pendatang baru di Senayan.

3. Dede Yusuf Macan Effendi

Dede Yusuf menconkan diri di daerah pemilihan Jawa Barat II. Di dapil yang meliputi Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat itu, Dede meraih 165.182 suara pemilih. Ia caleg petahana dan saat ini duduk di Komisi IX DPR. Sebelum terjun ke dunia politik, Dede Yusuf dikenal sebagai seorang aktor.

4. Mulyadi

Mulyadi juga caleg petahana dari Partai Demokrat. Saat ini ia duduk di Komisi VII DPR. Pada pemilu 2019 ia kembali maju lewat dapil Sumatera Barat II dan meraih144.954 suara.

5. Willem Wandik

Willem juga anggota DPR petahana Demokrat. Pada Pemilu 2019, ia kembali maju dari dapil Papua. Saat ini ia duduk di Komisi V DPR.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *