Ekonom Ihsanuddin Noorsy Pesimis Jokowi Terbitkan Perppu KPK

  • Whatsapp
Pengamat EKonomi Ichsanuddin Noorsy

INDOPOLITIKA.COM Ekonom senior Ichsanuddin Noorsy meyakini desakan untuk menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) tidak akan tercapai. Kata dia, Jokowi tidak akan menerbitkan perppu karena terjebak dalam permainan partai pendukung.

“Perppu itu tidak akan terbit. Karena Jokowi berada dalam posisi sulit. Ia berada dalam posisi gerakan (manuver) partai-partai,” katanya.

Baca juga:

Ichsanuddin menambahkan, andaipun Jokowi menerbitkan Perppu, isinya tidak akan sesuai dengan ekspektasi publik saat ini. Karena itu, publik tidak bisa berharap banyak pada mantan Walikota Solo itu.

“Kalaupun terbit Perppu, tidak akan sesuai tuntutan publik. Artinya KPK tidak akan diperkuat. KPK Tetap akan teramputasi,” ungkapnya.

Menurut dia, KPK harus diperkuat. Kelemahan-kelemahan KPK harusnya diperbaiki. Bukan dicabut kewenangan superioritasnya. Misalnya, banyak politikus menilai KPK lemah dalam hal pencegahan dan lebih senang melakukan OTT, maka kekurangan di bagian pencegahan itu yang disempurnakan.

“Itu yang dipikirin sekarang. Jangan kewenangan pemberantasannya diganggu, pencegahannya mau dinaikin. Emang KPK lembaga pencegahan. Ganti aja kalau gitu jadi komisi pencegahan korupsi,” ungkapnya. (pit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *