ICW Nilai Anggota Dewas KPK Pilihan Presiden Akan Timbulkan Masalah

  • Whatsapp
Indonesia Coruption Watch (ICW) Donal Fariz

INDOPOLITIKA.COM- Kehadiran badan pengawas KPK yang ditunjuk presiden berpotensi menimbulkan masalah baru di kemudian hari. Dewas KPK yang ditunjuk presiden dikhawatirkan justru memicu tudingan bahwa lembaga itu hanya akan jadi institusi untuk menjerat lawan politik.

Hal itu disampaikan peneliti Indonesia Coruption Watch (ICW) Donal Fariz. Dia menjelaskan, Dewas KPK diberi kewenangan cukup besar. Salah satunya kewenangan pro yustisia dan kewenangan etik.

Baca Juga:

“Apa yang terjadi kemudian, jangan salahkan kedepan kalau KPK memproses Gubernur, Walikota, Bupati, yang berbeda pandangan politik dengan pemerintah pusat (presiden) itu dinilai sebagai kriminalisasi,” ujarnya di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Kamis siang (7/11).

Dia mengatakan, logika itu bisa saja muncul suatu saat. Itu karena presiden memilih sendiri calon-calon yang akan menduduki posisi sebagai Dewan Pengawas KPK. Dewas KPK akan bertanggungjawab kepada presiden. Ini tidak pernah terjadi pada KPK sebelum-sebelumnya.

“KPK kemarin dia tidak dibawah ketiak eksekutif. KPK hari ini dan yang akan datang sudah bekerja dibawah ketiak kekuasaan,” katanya. [pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *