Iih Serem! Di TPU Ada Pocong dan Kuntilanak Ikut Upacara

  • Whatsapp
Pocong dan Kuntilanak yang ikut upacara

INDOPOLITIKA – HUT Kemerdekaan RI ke-74 disambut gembira oleh seluruh masyarakat Indonesia. Upacara bendera pun dilakukan di setiap penjuru Tanah Air. Bahkan, pocong dan kuntilanak pun mengikuti upacara bendara.

Yang bikin seremnya lagi, upacara bendera ini digelar di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kampung Melayu, Kelurahan Kraksaan Wetan, Kraksaan, Probolinggo. Namun yang menjadi peserta upacara bukan pocong dan kuntilanak beneran loh.

Baca Juga:

Pastinya bukan benar benar mahluk halus, mereka adalah para warga setempat yang berpakaian dan berdandan seperti sosok pocong dan kuntilanak. Tentunya ini dilakukan untuk lebih memperkuat suasana karena lokasi upacara yang mereka gunakan adalah sebuah pemakaman.

Khusnul Khotimah, Ketua RW/02 Kampung Melayu, Kraksaan Wetan, dilansir dari Jatimnet menjelaskan, penyelenggaraan upacara bendera ini memang sengaja dilakukan di TPU. Alasannya supaya para masyarakat bisa kembali mengingat jasa para pahlawan kemerdekaan dan leluhur yang telah gugur di medan perang silam.

Sebagai sebuah lokasi upacara, pemakaman umum ini juga dihias sedemikian rupa dengan berbagai ornamen kemerdekaan. Terlihat beberapa pusara kuburan telah dicat dengan warna yang cerah serta terpasang berbagai bendera merah putih di sekeliling lokasi. Tak cuma itu, deretan foto para presiden Indonesia dari Bung Karno hingga Presiden Joko widodo juga ikut dipajang.

Para masyarakat yang ikut dalam upacara ini juga berdandan dengan berbagai pakaian tradisional dan pakaian pejuang. Tak ketinggalan, pihak desa juga mengundang punggawa Komunitas sepeda tua Probolinggo lengkap dengan pakaian ala pejuang untuk ikut dalam upacara pagi ini.

“Tak hanya para pahlawan, kita semua juga bakal kembali ke kuburan. Maka dari itu, agar lebih mengena kepada warga, kita jadikan kuburan sebagai tempat upacara. Rencananya, kegiatan serupa akan kembali digelar pada HUT RI tahun 2020 mendatang,” tuturnya.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *