Ikuti Saran Sandiaga, Kejagung Akan Lakukan Audit Forensik Kasus Jiwasraya

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Kejaksaan Agung akan melakukan audit forensik dalam menelusuri kasus dugaan tindak pidana korupsi kasus PT. Asuransi Jiwasraya. Hal itu disampaikan usai menanggapi pernyataan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Salahuddin Uno.

Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Hari Setiyono menjelaskan, selain melakukan audit forensik pihaknya juga saat ini tengah mengumpulkan alat bukti dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan perkara, termasuk alat bukti elektronik milik para tersangka.

Bacaan Lainnya

“Apa yang disampaikan beliau kita lakukan termasuk kita melakukan kloning atau audit forensik terhadap komputer yang digunakan untuk transaksi itu,” kata Hari di Kejaksaan Agung RI, Jakarta Selatan, Senin (20/1/2020).

Hari juga menuturkan pihaknya juga saat ini menggandeng Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dalam menelusuri aliran uang tersebut.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Salahuddin Uno turut urun saran terkait kasus Asuransi Jiwasraya dan juga Asabri. Ia menyarankan aparat penegak hukum untuk melakukan audit forensik terhadap kasus dugaan korupsi yang menjerat perusahaan asuransi negara itu.

Selain upaya penegakan hukum, pemerintah juga dinilainya perlu memikirkan dampak dari segi bisnis terutama soal pemulihan keuangan perusahaan. “Harus dipisahkan penanganan hukum yang sekarang sudah dilakukan dengan cepat. Sekarang adalah dari segi aspek bisnisnya, bagaimana pemulihan, terutama Jiwasraya dan ASABRI, dan sektor keuangan secara keseluruhan,” katanya Sabtu (18/1/2020).

Sandiaga menambahkan, pihaknya mendukung agar upaya pemulihan keuangan itu segera dilakukan demi mengganti kerugian para nasabah yang terdampak.[asa]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *