Illegal Fishing di Selat Malaka, 2 Kapal Asing Diamankan Polisi

  • Whatsapp
Ilustrasi kapal illegal fishing yang disita

INDOPOLITIKA.COM – Polda Sumatera Utara (Sumut) mengamankan dua kapal asing yang melakukan ilegal fishing di Perairan Selat Malaka.

Kapolda Sumut Irjen Pol RZ. Panca Putra mengatakan, kedua kapal yang diamankan masing-masing OCHI/KHF 1937 Malaysia, dan SLFA 3082, di Pelabuhan Bandara Deli, Belawan, Medan, Senin (10/5/2021).

Berita Lainnya

Panca mengatakan, selain mengamankan kapal petugas juga mengamankan nakhoda OCHI/KHF 1937 atas nama Samarth warga Thailand serta tiga ABK Som Chai dan Thawat Chai asal Thailand, serta Zin Maung Latt warga Myanmar.

Selain itu petugas juga mengamankan barang bukti satu ton ikan jenis campuran, serta pukat trawl.

“Penindakan kapal ini dilakukan pada Rabu (5/5/2021) berdasarkan informasi nelayan, yang menyebutkan ACHI/KHF 1937 selalu beroperasi melakukan penangkapan ikan ilegal di peraian selat Malaka, Indonesia,” ungkapnya.

Selanjutnya, petugas juga menangkap kapal SLFA 3o82 yang tengah melakukan penangkapan ikan menggunakan pukat trawl di Perairan Selat Malaka, Indonesia.

Dalam penyergapan ini petugas mengamankan nakhioda bernama Wonna (32) beserta tiga ABK Yinmaungaye (22), Boo (38), Tangyi (27).

“Nakhoda berupaya kabur namun berhasil ditangkap. Para pelaku mencuri ikan di Indonesia untuk dijual ke Malaysia,” tambahnya.(net)

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *