Imbas Pemecatan Helmy Yahya, Komisi I Usulkan Audit Investigasi TVRI

  • Whatsapp
Anggota Komisi I DPR Syaifullah Tamliha.

INDOPOLITIKA.COM – Anggota Komisi I DPR Syaifullah Tamliha mengamati kegaduhan yang terjadi di internal Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI hingga berujung pada pemecatan Direktur Utama LPP TVRI Helmy Yahya.

Untuk menyelesaikan polemik tersebut, ia mengusulkan adanya audit investigasi dan kinerja TVRI. “TVRI agar lebih baik ke masa depannya, maka perlu ada audit,” kata Tamliha di Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Baca juga:

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menuturkan, audit investigasi dan kinerja tetap akan dilakukan oleh pihak berwenang tanpa intervensi Komisi I DPR RI.  “Audit kinerja ini penting untuk mengkoreksi jika ada kinerja yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” jelasnya.

Untuk mendapatkan informasi yang berimbang dan komprehensif, Tamliha juga sepakat jika Komisi I DPR RI memanggil Direksi LPP TVRI, termasuk mantan Dirut Helmy Yahya jika memang diperlukan dalam rapat dengar pendapat berikutnya.

“Oleh karena itu, saya sependapat jika kita memanggil Direksi TVRI, agar kita bersikap adil. Namun, kita tetap memberikan kewenangan kepada BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) untuk melakukan audit investigasi dan kinerja agar kita bisa memperbaiki TVRI di masa yang akan datang,” tegasnya.

Komisi I DPR RI melakukan Rapat Dengar Pendapat dengan Dewas Pengawas TVRI untuk meminta penjelasan terkait pemberhentian Helmy Yahya sebagai Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI Periode 2017–2022.

Sementara Wakil Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis mengatakan, pihaknya menampung informasi dan mendengarkan laporan Dewas TVRI terkait Surat Pemberitahuan Rencana Pemberhentian (SPRP) Helmy Yahya. Sebagai pihak yang mengawasi TVRI, Komisi I DPR perlu mengetahui kondisi hubungan struktural dan horizontal antara Dewas dan Dirut dari akar permasalahannya.

Kharis menambahkan, untuk mendapatkan informasi yang berimbang dan komprehensif, Komisi yang membidangi Pertahanan, Luar Negeri, Intelijen, Komunikasi dan Informatika ini juga akan mengagendakan Rapat Dengar Pendapat dengan Dewan Direksi TVRI.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *