Aneh, Imigrasi Aja Engga Pernah Terima Surat Cekal Habib Rizieq

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Direktorat Jenderal Imigrasi Kementeria Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengaku belum menerima surat tangkal atau pencekalan yang ditujukan kepada Ketua FPI Habib Rizieq Shihab.

Kepala Subbagian Humas Ditjen Imigrasi Kemenkum HAM, Sam Fernando mengatakan, sejauh ini belum ada intansi dari manapun yang mengirimkan surat pencekalan kepada pihak imigrasi.

Berita Lainnya

“Terkait hal ini, sampai saat ini Ditjen Imigrasi belum menerima surat penangkalan apa pun, dari instansi mana pun, yang menyatakan Rizieq Shihab tidak diperbolehkan masuk ke Indonesia,” ujar Sam.

Meskipun demikian, pihaknya terus melacak kebenaran surat tersebut, sebab, kata  Sam, Ditjen Imigrasi masih mencari informasi terkait surat tangkal atau surat cegah yang dimaksud oleh Rizieq Shihab.

Sam menjelaskan, surat pencekalaan tersebut biasanya dikeluarkan oleh instansi penegak hukum untuk keperluan hukum, kemudian dilanjutkan ke Ditjen Imigrasi untuk ditindaklanjutinya. Namun untuk kasus Rizieq pihaknya tidak menerima surat apapun.

Sementara kata dia, Rizieq memiliki bukti surat yang diklaimnya sebagai surat pencekalan yang dikeluarkan oleh pemerintah Aab Saudi, Sam menyarankan untuk ditanyakan langsung ke pihak pemerintah Arab Saudi.

“Terkait surat pencegahan beliau keluar dari wilayah Arab Saudi dari Pemerintah Arab Saudi, bisa ditanyakan kepada pihak pemerintah Arab Saudi langsung,” tuturnya.

Sebelumnya, Rizieq menyatakan bahwa ia tak bisa pulang dari Arab Saudi ke Indonesia lantaran  dilarang oleh pemerintah Indonesia karena faktor keamanan.  Hal tersebut Rizieq ungkapkan melalui Channel YouTube yang sudah tersebar luas. Dalam Channel tersebut, Rizieq mengatakan pemerintah Indonesia mengirimkan surat pencekalan kepada Pemerintah Arab Saudi yang isinya melarang Rizieq masu Indonesia. ditangkal oleh pemerintah untuk masuk ke Tanah Air.[pit]

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *