Imigrasi Tegaskan Tidak Pernah Keluarkan Surat Pencekalan Habib Rizieq

  • Whatsapp
Dirjen Imigrasi Kemenkum HAM Ronny F Sompie

INDOPOLITIKA.COM- Direktorat Imigrasi Kemenkumham HAM menegaskan tidak pernah mengeluarkan surat penangkalan terhadap imam besar Front Pembela Islam (FPI).

Dirjen Imigrasi Kemenkum HAM Ronny F Sompie mengatakan pihaknya tidak pernah mengeluarkan perintah untuk melarang Habib Rizieq pulang ke Indonesia.

Muat Lebih

“Jadi kepada Habib Rizieq, Kemenkum HAM Ditjen Imigrasi belum pernah menerbitkan surat untuk menolak atau menangkal Habib Rizieq masuk ke Indonesia sampai saat ini,” kata Dirjen Imigrasi Kemenkum HAM Ronny F Sompie di Hotel Shangri-La , Jakarta Pusat, Selasa (12/11/2019).

Ronny menjelaskan wewenang penangkalan diatur dalam Pasal 98 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011. Aturan itu menyatakan penangkal hanya bisa dilakukan terhadap warga negara asing.

“Berkaitan dengan penangkalan, Pasal 98 menyatakan penangkalan itu hanya terhadap WNA atas permintaan aparat penegak hukum karena ada kasus yang ditangani atau berkaitan dengan pelanggaran tebenasia,” ungkapnya.

Sebelumnya, Habib Rizieq mengungkapkan alasan tidak bisa pulang ke Indonesia karena pemerintah Indonesia sudah melarang dirinya untuk pulang ke Indonesia. Hal itu dia ungkapkan melalui Channel YouTube yang sudah tersebar. Di dalam Video dia menunjukan dokumen pencelakan dari pemerintah Indonesia yang ditunjukan kepada pemerintah Arab Saudi. Alasan pencekalan Habib bukan karena melakukan tindak pidana. Melainkan karena faktor keamanan. [pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *