Internasional

Indonesia Akselerasi Kesepakatan Ekonomi dengan Jerman

Menlu RI Retno Marsudi (kiri) dan Menlu Jerman Heiko Mass (kanan). (Foto: Dok. Kemenlu).

Berlin: Indonesia dan Jerman sepakat mempercepat perundingan Kesepakatan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia dan Uni Eropa (IEU CEPA). Kesepakatan ini disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menlu Jerman Heiko Mass.

"Indonesia dan Jerman akan bersama-sama untuk mempercepat perundingan IEU CEPA yang akan dilakukan di Indonesia pada Oktober mendatang," kata Menlu Retno di Berlin, Jumat 14 September 2018.

Retno menambahkan perundingan tersebut untuk mengakselerasi kesepakatan ekonomi dengan Uni Eropa dan juga Jerman.

Selain itu, dalam pertemuannya dengan Menlu Jerman, Retno juga sangat senang akan digelar Konferensi Bisnis Jerman-Asia Pasifik yang akan dilaksanakan di Indonesia. Rencananya pertemuan tersebut akan digelar pada 2 hingga 3 November mendatang.

"Forum ini dapat membuat para pebisnis kita melihat potensi dari eratnya hubungan Indonesia dan Jerman," tutur Retno.

Kunjungan Retno ke Jerman tak hanya untuk melakukan pembahasan bilateral. Retno menambahkan pada pagi hari waktu setempat, ada pembahasan mengenai Bali Democracy Forum Chapter Berlin.

Menurutnya, forum ini dilakukan untuk membahas pembangunan demokrasi di Asia dan Eropa. BDF Chapter Berlin ini membahas mengenai demokrasi dan migrasi.

Juru Bicara Kemenlu RI Arrmanatha Nasir menyebutkan tema tersebut cocok dengan tempat pelaksanaan, karena Jerman sendiri masih bergulat dengan masalah imigran. Hasil dari BDF chapter Berlin ini nantinya akan dibawa ke pertemuan BDF ke-11 yang rencananya akan dilaksanakan di Bali pada awal November 2018.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close