Internasional

Indonesia-Australia Sepakat Perkuat Keamanan Siber

Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Perdana Menteri Australia Scott Morrison (kiri) dalam kunjungan kenegaraan di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/8). Foto: Desca Lidya Natalia/Antara

Bogor: Indonesia dan Australia sepakat akan bekerja sama untuk meningkatkan keamanan siber. Kesepakatan itu diambil setelah Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Australia Scott Morrison di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat.

"Kami sepakat untuk terus meningkatkan kerja sama di bidang keamanan, termasuk di dalamnya bidang cyber security (keamanan siber)," kata Jokowi saat memberikan keterangan pers bersama Scott Morrison di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Jumat, 31 Agustus 2018.

Selain bidang keamanan siber, Indonesia dan Australia juga sepakat berkolaborasi dalam pemberantasan terorisme dan pengembangan Indo-Pasifik. 

"Kami memiliki komitmen yang tinggi untuk terus berkolaborasi dalam penanganan isu kawasan dan dunia, termasuk di dalamnya pemberantasan terorisme dan melanjutkan komunikasi mengenai pengembangan konsep indopasifik," ujar dia.

Pada bidang ekonomi, kedua negara sepakat pentingnya keterbukaan ekonomi dan memperkokoh hubungan ekonomi yang saling menguntungkan.

"Dalam kaitan ini kami menyambut baik selesainya perundingan Substantive Indonesia-Australia Comprehensive Partnership," ucap dia.

Indonesia dan Australia juga menandatangani kerja sama di bidang ekonomi kreatif dan transportasi. Jokowi menyebut kesepakatan ini dapat mempererat hubungan antarkedua negara.

"Hal ini dapat dimaknai sebagai komitmen kuat pemerintah baru Australia untuk terus membangun sebuah hubungan yang kuat yang saling menghormati dan saling menguntungkan," pungkas dia.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close