Internasional

Indonesia Desak MoU Penempatan TKI di Malaysia Dirampungkan

Menlu Retno Marsudi (kanan) berjabat tangan dengan Menlu Malaysia Saifuddin Abdullah di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Senin 23 Juli 2018. (Foto: Sonya Michaella)

Jakarta: Isu perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) termasuk Tenaga Kerja Indonesia (WNI) menjadi salah satu bahasan utama dalam pertemuan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah.

"Saya tekankan bahwa perlindungan WNI dan TKI di Malaysia adalah fokus utama kita. Saya titipkan WNI dan TKI kita kepada Menlu Saifuddin," kata Menlu Retno ketika ditemui di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Senin 23 Juli 2018.

Selain itu, Menlu Retno dan Menlu Saifuddin membahas terkait Memorandum of Understanding (MoU) penempatan TKI.

"Indonesia mendorong agar MoU penempatan TKI ini segera diselesaikan. MoU ini sangat penting," tegas Menlu Retno. 

Perlindungan WNI telah dibahas sebelumnya di pertemuan Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad di Jakarta pada Juni lalu. 

"Saya juga menekankan keharusan adanya notifikasi diplomatik ketika ada WNI kita yang terkena masalah, jadi kita bisa menangani dengan cepat," tutur Menlu Retno.

Isu soal penyelesaian MoU penempatan TKI ini juga sudah pernah dibahas saat pendahulu Saiffudin, Anifah Aman, mengunjungi Indonesia pada Agustus 2017 lalu.

Namun hingga saat ini, MoU tersebut tak kunjung rampung. Dalam pertemuan perdana, Menlu Retno dan Saifuddin sepakat untuk mempercepat penyelesaian MoU.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close