Internasional

Indonesia Didaulat Jadi Koordinator Pertemuan ASEAN-Rusia

ASEAN-Rusia. (Foto: ASEAN-Russia).

Singapura: Indonesia didaulat menjadi koordinator pertemuan ASEAN-Rusia menggantikan Laos. Selama tiga tahun Indonesia akan memegang jabatan tersebut.

Dalam pertemuan antara Menlu ASEAN dan Rusia, Indonesia menyampaikan tiga prioritas yang akan disampaikan selama Indonesia menjadi koordinator.

"Pertama counterterrorism, keamanan siber dan manajemen bencana," ucap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Singapura, Rabu 3 Agustus 2018.

Retno mengungkapkan prioritas Indonesia tersebut disambut baik oleh Rusia.

Selain pertemuan dengan Rusia, para menlu ASEAN juga bertemu dengan perwakilan dari Jepang, Tiongkok dan Selandia Baru. Bersama perwakilan Jepang, pembahasan lebih kepada penguatan kerja sama ekonomi dan melawan tendensi naiknya proteksionisme.

Begitu pula dengan pertemuan antara Menlu ASEAN dan Tiongkok. Pembahasan mengenai multilateralisme di dalam perdagangan internasional juga menjadi fokus pembahasan. Meski demikian, sempat disinggung juga mengenai kerangka code of conduct (CoC) di Laut China Selatan.

Sayangnya, Menlu Retno enggan menjelaskan lebih detail mengenai hal tersebut.

Sementara dengan Selandia Baru, Menlu Retno melakukan pertemuan bilateral. Dalam pertemuan tersebut, kedua negara mempersiapkan Indonesia menjadi co-chair dalam ASEAN-New Zealand Dialog.

Selain itu, dibahas pula kunjungan Presiden Joko Widodo ke Selandia Baru beberapa waktu lalu. Pasalnya, kunjungan tersebut merupakan momentum baik untuk memperkokoh hubungan dua negara tersebut.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close