Internasional

Indonesia Dukung Diplomasi Nuklir untuk Pembangunan Ekonomi

Watap RI di Wina, Darmansjah Djumala. (Foto: Dok. PTRI Wina)

Wina: Indonesia terus berkontribusi dalam memperkuat program kerja sama teknis yang dikembangkan oleh International Atomic Energy Agency (IAEA) di bidang pemanfaatan teknologi nuklir untuk tujuan damai.

Dukungan ini diberikan guna mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) 2030. Bantuan dan kerja sama teknis IAEA tidak hanya dimanfaatkan bagi kepentingan rakyat secara nasional, tetapi juga dikembangkan untuk memberi manfaat bagi negara lain, khususnya dalam kerangka kerja sama Selatan-Selatan. 

"Salah satu contoh konkret keunggulan Indonesia di bidang aplikasi nuklir adalah peningkatan produktivitas ternak. Teknologi nuklir, yang telah digunakan 74 komunitas peternak di beberapa sekolah di Indonesia," kata Wakil Tetap RI untuk Austria, Darmansjah Djumala, dalam keterangan tertulisnya kepada Medcom.id, Kamis 20 September 2018.

Dua peternak dari Sumatera Selatan dan Jawa Timur sengaja diundang untuk berbagi pengalamannya mengenai keberhasilan program tersebut kepada negara-negara lain di sela-sela Sidang Umum IAEA.

Selain ternak, teknologi nuklir juga telah dimanfaatkan Indonesia untuk meningkatkan produktivitas kedelai, padi dan sorgum dan saat ini tengah dikembangkan teknologi nuklir untuk pengawetan ikan.

Selain isu teknis, Dubes Djumala juga menyentuh isu-isu krusial lain seperti nuklir Iran, nuklir Korea Utara, dan keamanan nuklir.

"Soal nuklir Iran, Indonesia mengimbau agar negara-negara yang berada di dalam Perjanjian Nuklir Iran untuk tetap memegang komitmennya dan mengapresiasi kinerja IAEA dalam melakukan verifikasi dan pemantauan program nuklir Iran secara imparsial dan obyektif," tutur dia.

Adapun dalam hal keamanan nuklir, Indonesia menyampaikan apresiasi atas bantuan dan kerja sama dengan IAEA dalam memastikan keamanan penyelenggaraan Asian Games ke-18 dari sisi keamanan bahan-bahan radioaktif. 

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close