Indonesia Dulu Pengekspor Gula Ternama, Kini Pengimpor Terbesar di Dunia

  • Whatsapp
pedagang gula

INDOPOLIITKA.COM – Pengamat ekonomi senior Faisal Basri mengatakan, dulu Indonesia salah satu negara pengekspor gula, namun sekarang justru menjadi negara pengimpor terbesar di dunia. Ia mengingatkan agar persoalan pangan menjadi perhatian semua pihak.

“Sejak zaman Belanda hingga tahun 1967 kita pengekspor gula ternama. Namun sejak 2016 kita menjadi negara pengimpor gula terbesar di dunia,” kata Faisal Basri dalam diskusi Pangan Virtual di KM IPB, Bogor, Jumat (22/5/2020).

Berita Lainnya

Sejak impor gula, lanjut Faizal, Indonesia sudah menghabiskan 2,1 miliar dolar AS untuk mendatangkan gula. Tahun 2019, nilai impornya menurun menjadi 1,4 miliar, namun secara volume tetap mengalami kenaikan secara konsisten.

Faisal mengatakan, impor gula dari tahun ke tahun cenderung hanya menguntungkan importer sektor gula. “Keuntungan para trader gula rafinasi itu sekitar Rp4 triliun,” ungkapnya.

Menurut Faisal, defisit pangan dari tahun ke tahun terus turun di masa pemerintahan Joko Widodo. Terlebih lagi impor pangan tidak hanya pada gula, namun komoditas lain seperti sayuran, buah-buahan, kedelai mengalami hal serupa.

Meski impor terus meningkat, namun harga gula di dalam negeri mengalami fluktuasi dan di atas harga eceran tertinggi (HET). Menjelang Lebaran harga gula menembus Rp17.000 peer kilogram. Guna menstabilkan harga, pemerintah pun mengeluarkan kebijakan izin impor gula dan izin mengubah gula rafinasi menjadi gula Kristal untuk dikonsumsi masyarakat.

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) sebelumnya menyatakan, bahwa kasus mahalnya harga gula hingga berlarut larut sudah masuk ke ranah hukum. KPPU mencurgai ada pelanggaran persaingan antar pengusaha gula.

“Kasus gula saat ini sudah masuk wilayah hukum bukan lagi kajian ekonomi,” ujar Komisioner KPPU Guntur Saragih. (rma)

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *