Indonesia Gaet Jepang Antisipasi Modus Teroris yang Kian Canggih

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Indonesia akan menjajaki kerja sama pemberantasan terorisme serta deradikalisasi dengan pemerintah Jepang. Kedua negara khawatir dengan perkembangan terorisme yang semakin canggih.

Hal itu diungkap Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD yang didampingi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Suhardi Alius usai bertemu dengan Direktur Jenderal Penanggulangan Terorisme Jepang Shigenobu Fukumoto.

Bacaan Lainnya

“Ya kerja sama pemberantasan terorisme dan deradikalisasi. Akan ada forum semacam tim bersama untuk secara rutin bicara terorisme dan pengamanan kawasan,” kata Mahfud di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta (10/1/2020).

Mahfud menambahkan, aksi terorisme sekarang telah melibatkan perempuan bahkan anak-anak. Bahkan, pendanaan terorisme pun semakin mudah melalui transaksi digital.

Menurut dia, Jepang merasa khawatir karena modus teroris semakin canggih. Pertama, melibatkan perempuan dan anak-anak. Kedua,transfer uangnya sudah melalui smartphone.

“Kalau dulu kan lewat bank lewat apa sekarang duit itu sudah sampai ke yang bersangkutan dan itu disamarkan karena dibagi. Misalnya di Indonesia yang terima ada sekian ratus orang dibagi-bagi lah kumpul di sini di anu lagi dioperasikan untuk membeli senjata untuk merakit senjata dan sebagainya,” tambah Mahfud. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *