Pemerintahan

Indonesia-Hungaria Sepakati Peningkatan Kerja Sama Bilateral, Termasuk Pemberian Beasiswa Bagi Mahasiswa Indonesia

JAKARTA – Indonesia dan Hungaria menyepakati peningkatan kerja sama bilateral yang mencakup banyak bidang, di antaranya perdagangan, investasi, pendidikan, dan pariwisata. Hal itu terungkap dalam pertemuan antara Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dengan Deputy Speaker Parlemen Hungaria István Jakab di Gedung Parlemen Hungaria, pekan ketiga Juli 2018 lalu.

Di gedung parlemen yang sudah berumur 114 tahun tersebut, kedua negara saling memberikan apresiasi atas apa yang dikerjakan pemerintahan negara masing-masing di berbagai bidang. Moeldoko di satu sisi menjelaskan komitmen Pemerintah Indonesia dalam upaya memerangi terorisme dan memberikan jaminan keamanan atas investasi asing di Indonesia.

“Terorisme bukanlah bagian dari Islam, sekalipun ada kelompok teroris yang mengatasnamakan Islam. Indonesia adalah negara dengan toleransi tinggi, dan toleransi sudah menjadi bagian dari budaya bangsa Indonesia yang terdiri atas kurang lebih 714 suku bangsa,” papar mantan Panglima TNI tersebut kepada Wakil Ketua Parlemen.

Kepala Staf Kepresidenan juga menyampaikan apresiasi karena semua agenda pertemuan dalam kunjungannya di Hungaria berjalan sangat lancar dan produktif. Di dalam pertemuan tersebut, Kepala Staf didampingi oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Hungaria dan Deputi III Kepala Staf Kepresidenan Denni Puspa Purbasari.

Kunjungan Perdana Menteri Hungaria Victor Orban ke Indonesia pada tahun 2016 berjalan sukses dan produktif, ditandai dengan semakin eratnya hubungan di antara kedua negara dalam bidang perdagangan, investasi, pendidikan, dan pariwisata. Pemerintah Indonesia berharap ke depan hubungan kedua negara lebih ditingkatkan.

István Jakab terkejut dengan begitu beragamnya Indonesia. Ia menyampaikan bahwa Parlemen Hungaria akan mendukung proses penyelesaian perundingan Comprehensive Economic Partnership Agreement antara RI-EU dan setuju untuk meningkatkan hubungan kerja sama di berbagai bidang yang diharapkan Indonesia.

Selain meningkatkan jumlah beasiswa kepada mahasiswa Indonesia menjadi 100 orang per tahun, Pemerintah Hungaria akan memberikan dana bantuan bagi Indonesia.

István Jakab juga memaparkan kebijakan Hungaria yang membatasi masuknya pengungsi ke Hungaria. Kebijakan ini ditempuh karena alasan keamanan dan ekonomi.

wa3

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close