Internasional

Indonesia Jadi Tamu Kehormatan di Festival Janadiriyah

undangan tersebut juga sebagai bukti eratnya hubungan Indonesia dan Arab Saudi selama 68 tahun ini. (Foto: Dok. KBRI Riyadh).

Riyadh: Indonesia dijadikan satu-satunya tamu kehormatan di Festival Budaya Janadiriyah. Indonesia dijadikan tamu kehormatan karena dianggap memiliki hubungan bersejarah yang sangat istimewa dengan Negeri Petro Dolar tersebut.

"Ini adalah sebuah penghormatan luar biasa dari Kerajaan Arab Saudi terhadap Indonesia dan pengakuan sebagai sebuah negara Muslim terbesar di dunia yang sangat kaya dengan aneka ragam budaya. Sebuah pengakuan sebagai negara yang teruji dalam keragaman dan kesatuan," tutur Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, dikutip dari keterangan tertulis KBRI Riyadh yang diterima Medcom.id, Rabu 26 September 2018.

Menurut dia, undangan tersebut juga sebagai bukti eratnya hubungan Indonesia dan Arab Saudi selama 68 tahun ini.

Festival Janadiriyah merupakan pameran sejarah dan kebudayaan terbesar dan paling bergengsi di Timur Tengah sejak 1985. Setiap tahunnya festival ini dibuka Raja Arab Saudi dan berlangsung selama tiga pekan.

Jumlah pengunjung festival budaya ini mencapai empat juta orang. Pada 2018, jumlah pengunjungnya bahkan mencapai 6,4 juta.

Dubes Maftuh mengatakan pihaknya tengah berkomunikasi secara intensif dengan para menteri dan kepala lembaga terkait untuk keterlibatan Indonesia di festival tersebut.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close