Indonesia Jura 3 Lomba Hafalan Alquran Tingkat Internasional

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.com- Al Hasan Ahmad Sudarmanto, perwakilan Indonesia dinobatkan menjadi juara ketiga Musabaqoh Hafalan Al quran Raja Abdul Aziz Ali Su’ud di tingkat internasional ke 41, tahun 1441 hijriah untuk kategori tahfidz 15 juz.

Penobatan kejuaraan tersebut disampaikan pada haflah penutupan yang berlangsung di halaman Masjidil Haram Makkah Al Mukarramah, Arab Saudi, Rabu (12/9/2019).

Baca Juga:

Seperti dikutip okezone.com, Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas) Kementerian Agama dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/9/2019), melaporkan Al Hasan meraih juara ketiga setelah berhasil melewati babak kualifikasi awal dan masuk ke babak kualifikasi akhir yang diikuti 35 peserta.

Al Hasan pun menerima hadiah dari Pangeran Faishal bin Abdul Aziz sebesar 45.000 riyal. Sedangkan juara kedua diraih oleh Ahmad Syihabullah dari Bangladesh, dan juara kesatu diraih Abdus Sayyid Sulaiman Sholeh dari Libia.

Turut hadir dalam penutupan musabaqah, Menteri Agama Islam, Dakwah dan Bimbingan, Abdul Lathif bin Abdul Aziz, Pangeran Faishal bin Abdul Aziz Ali Su’ud selaku Amir Makkah, para perwakilan negara sahabat, dan para undangan

Hadir pula sebagai tamu kehormatan, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Muhammadiyah Amin yang didampingi Konjen Jeddah Muhammad Hery Saripudin.

Dalam sambutannya, Abdul Lathif mengatakan bahwa musabaqah ini diikuti sebanyak 146 peserta dari 103 negara dari seluruh penjuru dunia.

Menurut Abdul Lathif, musabaqah ini merupakan lomba halafan Alquran tertua dan tercanggih di dunia dengan menggunakan teknologi informatika dalam penilaian dan penyelenggarakan lomba.

Atas prestasi dan sejarah penting dunia Musabaqah Hafalan Alquran dirinya mengaku sangat bahagia.

“Mereka hadir ke tanah suci dengan membawa hafalan Alquran di hati mereka. Sungguh, kehadiran mereka para penghafal Alquran membahagiakan kami, dan kami bahagia mampu membahagiakan mereka,” ujar Lathif. (rma)

 

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *