Internasional

Indonesia Paparkan Konsep Inklusif Indo-Pasifik ke Kamboja

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi jelaskan konsep Indo-Pasifik. (Foto: Medcom.id/ Marcheilla Ariesta).

Singapura: Indonesia kembali membahas konsep Indo-Pasifik dengan Kamboja. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan dukungan Kamboja sangat penting dalam konsep ini.

"Kamboja merupakan salah satu negara pertama di ASEAN yang menyampaikan dukungannya (konsep Indo-Pasifik)," ucap Retno kepada awak media di sela pertemuan tingkat menteri ASEAN (AMM), Singapura, Kamis 2 Agustus 2018.

Dia menuturkan Kamboja mengetahui konsep Indo-Pasifik yang ditawarkan Indonesia bersifat inklusif, mengutamakan kerja sama dan mengarusutamakan dialog.

"Jadi kita terus pikirkan kembali mengenai konsep Indo-Pasifik dan saya tidak lihat ada keberatan dari pihak Kamboja," tutur dia.

Retno menambahkan selalu melakukan komunikasi dengan semua negara ASEAN. Meski demikian, ada beberapa negara yang perlu disampaikan kembali mengenai konsep Indo-Pasifik tersebut.

Menurut dia, terkadang orang tidak bisa melihat kepentingan di balik sebuah paper yang diterima dari orang lain. Oleh karenanya, dia menjelaskan mengenai perspektif Indonesia kepada masing-masing negara ASEAN.

"Saya jelaskan satu per satu konsep yang diinisiasi Indonesia seperti apa dengan mengedepankan sekali lagi prinsip yang saya sampaikan tadi," tukasnya.

Retno menyampaikan, paper tersebut tengah dikonsultasikan baik dengan negara ASEAN maupun negara lainnya. Dia berharap agar ASEAN juga merasa memiliki konsep Indo-Pasifik yang disampaikan Indonesia.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close