Indonesia Sampaikan Perspektif Konsep Indo-Pasifik kepada ASEAN

  • Whatsapp
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Foto: Dok. Kemenlu).

Singapura: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi tak henti-hentinya terus menyampaikan konsep Indo-Pasifik yang dimiliki Indonesia kepada berbagai negara, termasuk negara anggota ASEAN.

Dalam pertemuan dengan menteri luar negeri ASEAN di Singapura, Menlu Retno menyampaikan perspektif Indonesia dalam hal itu. Menurut dia, perspektif tersebut adalah turunan dari konsep dasar yang sudah diperkenalkan sejak awal tahun ini.

Muat Lebih

"Sekarang, kita mengeluarkan satu paper mengenai Indonesia, mengenai Indo-Pasifik. Sudah dengan hal detail, namun saya tidak bisa mengeluarkannya sekarang karena tengah dijalankan prosesnya sejak kemarin," kata Retno di Singapura, Kamis 2 Agustus 2018.

Dia menambahkan tim Indonesia terus melakukan pendekatan baik dengan negara ASEAN maupun negara mitra wicara yang merupakan anggota East Asia Summit (EAS). Dia mengatakan isu konsep Indo-Pasifik ala Indonesia dikedepankan dalam EAS untuk dibahas lebih lanjut.

Dia menuturkan dengan berdiskusi bersama EAS, isu sesensitif apa pun itu bisa dibicarakan melalui dialog.

"Satu hal yang perlu saya sampaikan juga bahwa konsep ini bukan berarti membentuk sesuatu arsitektur baru di kawasan, namun lebih ke mengoptimalkan apa yang ada dan hal itu tengah berjalan," tuturnya.

Retno menyampaikan, paper tersebut tengah dikonsultasikan baik dengan negara ASEAN maupun negara lainnya. Dia berharap agar ASEAN juga merasa memiliki konsep Indo-Pasifik yang disampaikan Indonesia.

Pasalnya, di awal tahun Retno menuturkan bahwa konsep Indo-Pasifik ini akan berpusat pada sentralitas ASEAN. "Ini adalah sesuatu yang baru yang kita akan lihat nanti ke depannya seperti apa," pungkas Retno.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *