Pemerintahan

infomudik.go.id, Portal yang Memudahkan Pemudik

JAKARTA – Bagi Anda yang berencana mudik dalam lebaran kali ini, ada portal penting yang dapat membantu Anda. Dalam rapat koordinasi Kementerian/Lembaga yang digelar Kantor Staf Presiden (KSP), diluncurkan portal infomudik.go.id untuk memudahkan navigasi informasi bagi para pemudik. “Ini merupakan terobosan yang dilakukan KSP untuk mudik lebaran 2018 sebagai langkah memudahkan para pemudik mendapatkan informasi yang mereka butuhkan hanya lewat satu pintu,” ujar Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moedoko pada wartawan seusai rapat koordinasi di KSP, 5/6/2018.

Kastaf menjelaskan juga bahwa pada tahun-tahun sebelumnya, semua K/L memang telah memiliki website masing-masing yang menyediakan berbagai informasi sesuai dengan tugas-fungsi dan tanggungjawab K/L bersangkutan. Artinya informasi yang tersedia masih terpisah-pisah dan belum terintegrasi lewat satu pintu. Dulu, para pemudik yang ingin tahu tentang program mudik Kementerian Perhubungan harus masuk ke website Kementerian itu. Kini, semua informasi bisa diakses melalui infomudik.go.id.

Portal infomudik.go.id menyediakan semua kebutuhan informasi bagi pemudik hanya dengan satu klik karena semua informasi dari website K/L terkait mudik, mulai dari Kementerian Perhubungan, BUMN (Badan Usaha Milik Negara) sampai BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) telah tersaji dalam satu link dan koordinasi. Selain kerjasama dengan semua K/L, infomudik.go.id juga menjalin kerja sama dengan pihak swasta yang memiliki program mudik untuk masyarakat sehingga portal ini benar-benar lengkap dan terpadu.

Dengan cara ini, navigasi informasi para pemudik yang membutuhkan informasi apapun terkait arus mudik cukup mengaksesnya dengan satu klik saja. Selain informasi-informasi penting yang dibutuhkan pemudik, portal infomudik.go.id juga bekerja sama dengan pihak Google perwakilan Indonesia. Kerjasama ini memudahkan dalam mencari info jalur mudik terbaik bagi para pemudik atau mencari rest area sepanjang jalur mudik di jalan tol. “Kerjasama ini semakin memberikan nilai lebih pada portal infomudik.go.id,” tegas Kastaf.

Di sisi lain, pihak Google Indonesia juga sangat antusias berkontribusi dalam melengkapi portal infomudik.go.id sebagai wujud partisipasi mereka untuk turut mensukseskan mudik lebaran 2018. Dengan adanya terobosan kreatif portal infomudik.go.id diharapkan mudik 2018 bisa menjadi mudik lebaran yang lebih lancar, aman dan nyaman.

Tags

Artikel Terkait

Close
Close