Internasional

Inggris dan Ekuador Bicarakan Nasib Pendiri Wikileaks

Pendiri situs Wikileaks Julian Assange. (Foto: AFP)

London: Inggris dan Ekuador tengah membicarakan mengenai nasib pendiri situs pembocor rahasia Wikileaks, Julian Assange.

Assange, 47, sudah tinggal di Kedutaan Besar Ekuador di London sejak 2012, setelah dirinya mendapat status suaka politik.

Presiden Ekuador Lenin Moreno berkata pada Jumat 27 Juli 2018 bahwa dirinya tidak pernah "mendukung" kegiatan Assange. Ia juga menuturkan Ekuador dan Inggris selama ini selalu berkomunikasi.

Moreno sebelumnya mengibaratkan Assange sebagai "batu dalam sepatu kami." Ia berada di London pekan ini untuk KTT disabilitas global. 

Juru bicara pemerintah Inggris mengatakan Assange tidak dibahas selama kunjungan Moreno di London.

Sejumlah upaya sebelumnya untuk merundingkan pemulangan Assange dari Kedubes Ekuador berakhir gagal. Tapi laporan terbaru di surat kabar Sunday Times menyatakan bahwa pembicaraan mengenai hal tersebut telah dimulai kembali.

Dalam sebuah acara di Madrid, Moreno mengonfirmasi keakuratan artikel tersebut.

"Upaya pengusiran Assange dari kedutaan harus dilakukan dengan benar melalui dialog," kata dia, seperti dilansir dari BBC, Sabtu 28 Juli 2018.

Assange, seorang warga Australia, akan ditangkap kepolisian Inggris begitu dia meninggalkan Kedubes Ekuador atas pelanggaran kesepakatan jaminan.

Jaminan terkait tuduhan penyerangan seksual dihadapinya di Swedia. Surat perintah penangkapannya yang berjangka enam tahun diterbitkan pada Februari lalu.

Meskipun Swedia telah membatalkan penyelidikan kasus pemerkosaan tersebut, Assange yakin pelanggaran jaminan akan membuat dirinya diekstradisi ke Amerika Serikat karena mempublikasikan sejumlah rahasia AS di Wikileaks.

Wikileaks menjadi sorotan global pada April 2010 ketika merilis rekaman yang memperlihatkan tentara AS menembak mati 18 warga sipil dari sebuah helikopter di Irak.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close