Internasional

Inggris Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Sulteng

Palu dan Donggala luluh lantak dihantam tsunami. (Foto: AFP)

Jakarta: Inggris segera mendistribusikan dana bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Total dari dana tersebut adalah Rp39,2 miliar. 

Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik menambahkan, selain dana, Inggris juga akan mengirimkan bantuan seperti selimut, tenda dan keperluan-keperluan pengungsi lainnya.

"Tim dari Kementerian Pembangunan Inggris sedang menuju ke Jakarta untuk berkoordinasi bantuan kemanusiaan dengan mitra-mitra di Indonesia, khususnya pemerintah," kata Dubes Moazzam dalam pernyataannya kepada Medcom.id, Rabu 3 Oktober 2018.

Ia menambahkan, bantuan dan bahan-bahan makanan diambil dari gudang-gudang Inggris yang ada di Dubai dan India. 

Baca: Inggris Siapkan Rp39,2 M untuk Korban Gempa Sulteng

"Kami ambil dari kedua tempat itu agar mudah dibawa ke Indonesia. Kami juga bekerja sama beberapa maskapai penerbangan untuk mendistribusikan bantuan," ucap dia.

Selain itu, Inggris juga akan mengoperasikan kapal angkatan laut yang ada di Singapura untuk berlayar ke Indonesia guna mendistribusikan bantuan. 

"Kami selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Indonesia untuk mendistribusikan bantuan. Kami akan siap untuk memberikan apa pun yang Indonesia butuhkan," tukas Dubes Moazzam.

Gempa yang mengguncang Sulteng pada Jumat 28 September menyebabkan tsunami dan mengakibatkan kerusakan parah. Data terbaru Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan korban tewas mencapai 1.234 jiwa. 

Indonesia sendiri membuka diri terhadap bantuan internasional. Bantuan harus dikoordinasikan dengan satuan tugas yang dibentuk untuk mengetahui kebutuhan di lapangan.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close