Internasional

Inggris Tegaskan Bantuan akan Terus Disalurkan ke RI

Dubes Moazzam di Balikpapan, Kalimantan Timur, 6 Oktober 2018. (Foto: UKAID)

Balikpapan: Inggris menegaskan akan terus menyalurkan bantuan untuk para korban gempa dan tsunami di Palu, Donggala dan wilayah sekitarnya di Sulawesi Tengah. Pernyataan disampaikan Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik di Balikpapan, Sabtu 6 Oktober 2018.

"Kami baru saja mendarat di Balikpapan. Pesawat A400 dari Inggris datang membawa bantuan untuk Palu dan sekitarnya," ucap Dubes Moazzam dalam keterangan di sebuah video yang diterima Medcom.id.

Bantuan yang tiba di Balipapan ini, yang sebagiannya sudah disalurkan ke Palu, berupa tenda, lampu darurat, peralatan mandi dan lainnya. Dubes Moazzam menyebut bantuan tenda yang dikirim Inggris akan cukup untuk menampung sekitar 10 ribu hingga 18 ribu orang.

"Nanti akan ada pesawat-pesawat lain ke sini. Penerbangan kedua sedang dalam perjalanan dari Inggris ke sini," ungkap Dubes Moazzam.

Baca: Inggris Fokus Salurkan Bantuan Tenda ke Sulteng

Dalam menyalurkan bantuan, Dubes Moazzam menyebut pihak UKAID bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia. Ia menyebut penyaluran bantuan sempat terhambat buruknya jaringan komunikasi serta banyaknya akses jalan yang rusak.

"Tim kami ada di Balikpapan, ada juga yang sudah di Palu. Ada juga crisis room di Jakarta yang sudah dibuka sejak awal terjadi gempa," sebut Dubes Moazzam.

"Pemerintah Inggris telah menjadi yang terdepan dalam berkontribusi terhadap Indonesia," kata dia.

Sebelumnya, Ratu Elizabeth II meminta Dubes Moazzam menyampaikan duka cita kepada Presiden Joko Widodo. Dia menambahkan seluruh rakyat Inggris ikut merasakan duka yang mendalam atas terjadinya gempa dan tsunami tersebut.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close