Ini Bocoran Kriteria Pimpinan KPK yang Akan Dipilih Versi Komisi III DPR

  • Whatsapp
Anggota Komisi III DPR RI Masinton Pasaribu

INDOPOLITIKA.com – Anggota Komisi III DPR RI Masinton Pasaribu menyebut DPR memiliki beberapa kriteria terkait calon pimpinan KPK yang akan dipilih. Salah satu bocorannya, petinggi antirasuah harus berani melakukan penataan di internal.

“Itu tidak bisa kita pungkiri ada friksi-friksi di dalam KPK itu sendiri terutama menyangkut pegawai. Organisasi KPK itu harus sehat. Tidak boleh ada friksi-friksi di dalamnya karena ini menyangkut penegakan  hukum,” tandas Masinton di komplek DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Muat Lebih

Menurut Masinton, para capim KPK harus memiliki keberanian menata kepegawaian di KPK. Artinya, capim harus mampu mengembalikan fungsi wadah pegawai KPK itu sebagai wadah pegawai, dan bukan wadah politik.

“Wadah pegawai KPK bukan seperti selama ini wadah politik KPK. Komisi III ingin pimpinan KPK itu punya keberanian menata internal. Organisasinya sehat dulu, ketika mau melakukan pemberantasan,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Komisi III DPR melanjutkan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap 10 calon pimpinan KPK hari ini, Rabu 11 September 2019. Seleksi capim KPK ini berlangsung selama dua hari.

Berdasarkan jadwal yang telah disusun Komisi III, pada Rabu 11 September 2019, capim KPK yang akan menjalani fit and proper test, adalah, Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, Sigit Danang Joyo, Nurul Ghufron, dan I Nyoman Wara. (rma)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *