Ini Cara Enos-Yudha Tingkatkan Produksi Karet di OKU Timur

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Lanosin Hamzah dan Adi Nugraha Purna Yudha (Enos-Yudha), punya program khusus untuk meningkatkan produksi karet di OKU Timur.

Menurut Enos, Lanosin Hamzah biasa disapa, salah satu cara yang disiapkan untuk meningkatkan produksi karet di OKU Timur yakni dengan meningkatkan kapasitas dan kualitas petani, termasuk dengan menggandeng pihak swasta.

Bacaan Lainnya

“Kami sudah membuat program prioritas untuk pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan. Salah satu yang akan kami soroti yaitu produksi karet di OKU Timur. Kami akan tingkatkan dengan mengajak pihak swasta untuk bermitra,” kata Enos saat dihubungi dari Desa Margodadi, Semendawai Suku III, Kamis (1/10).

Enos mengatakan, produksi karet di OKU Timur belum sepenuhnya optimal. Karena itu, hasil panennya harus segara didorong untuk bisa lebih maksimal. Terlebih di tengah situasi pandemi Covid-19, kelompok tani hutan, khususnya karet, bisa mendapatkan kepastian dan meminimalisasi dampak negatif dari pandemi.

“Di tengah kondisi Covid-19 ini, para petani karet sangat membutuhkan kepastian pendapatan ekonomi dan ingin ada kebijakan yang bisa meminimalisasi dampak virus corona,” tutur adik kandung Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru itu.

Enos menambahkan, salah satu cara untuk mengatasi kendala tersebut yakni dengan melakukan kemitraan dengan pihak swasta, baik dengan membeli di atas harga rata-rata, atau perusahaan dapat memberikan bantuan peningkatan kapasitas pengelolaan tanaman karet dengan teknologi.

“Kami akan membuat kerja sama yang bisa mengingkatkan kesejahteraan petani. Caranya bisa dilakukan dengan membeli harga di atas rata-rata, maupun perusahaan dapat memberikan bantuan pengelolaan karet dengan teknologi,” tutupnya. (ind)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *