Ini Dia Bobot Soal Seleksi Masuk CPNS Yang Diungkap Kementerian PAN-RB

  • Whatsapp
Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reforrmasi Birokrasi (ManPAN-RB) Tjahjo Kumolo

INDOPOLITIKA.COM- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menetapkan nilai ambang batas alias passing grade yang harus dilampaui pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) dalam seleksi kompetensi dasar (SKD).

Seperti tahun sebelumnya, pelaksanaan SKD menggunakan sistem computer assisted test (CAT) dan diberlakukan nilai ambang batas yang menjadi penentu kelulusan pelamar ke tahapan seleksi kompetensi bidang (SKB). Di tahun ini, terdapat perbedaan nilai ambang batas yang harus dilampaui pelamar dibandingkan tahun lalu.

Muat Lebih

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Andi Rahadian mengatakan, Kementerian PANRB telah mengevaluasi soal-soal SKD dan pelaksanaan tes CPNS tahun lalu sehingga terdapat perubahan passing grade dan jumlah soal.

“Soal-soal tahun ini dinilai lebih berbobot dengan kontrol yang lebih ketat,” jelas Andi Rahadian di Jakarta, Rabu (13/11/2019).

Berdasarkan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 24/2019 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan CPNS 2019, para pelamar dengan jalur formasi umum dan formasi khusus tenaga pengamanan siber (cyber security) harus melampaui passing grade sebesar 126 untuk tes karakteristik pribadi (TKP), 80 untuk tes intelegensia umum (TIU), dan 65 untuk tes wawasan kebangsaan (TWK).

Lebih lanjut ia menjelaskan, perubahan nilai ambang batas juga dipengaruhi karena komposisi soal yang berubah untuk tahun ini. Jumlah soal TWK yang semula 35 menjadi 30, sementara jumlah soal TIU semula 30 menjadi 35. Sedangkan jumlah soal TKP tetap yakni 35 soal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *