Partai Demokrat

Ini Dia Syarat Menjadi Kandidat dari Partai Demokrat yang Akan Ikut Pilkada

Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat (DPP PD) sudah melakukan persiapan lebih awal terkait persiapan pilkada serentak, meskipun belum ada keputusan tetap kapan Pilkada serentak tersebut digelar, apakah di tahun 2015 atau 2016.

Pekan depan, partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah memulai menjaring para kandidat yang akan diusung pada pilkada.

“Hari-hari ini kami menyiapkan juklak (untuk tahapan penjaringan, red). Misalnya untuk wilayah Sumut yang ada 14 kabupaten/kota akan pilkada, tanggal 14 saya ke Medan, dan penjaringan bisa langsung berjalan,” ujar Ketua Divisi Komunikasi Publik DPP PD, Hinca Pandjaitan, (10/2).

Hanya saja, dia menjelaskan, tahapan penjaringan ini tidak harus bersifat formal. Pasalnya, hingga kini belum ada kepastian jadwal pilkada, di 2015 atau di 2016.

“Mau 2015, mau 2016, kami siap. Lebih lama juga tidak masalah karena di politik itu makin lama makin menarik,” ujarnya sembari tertawa.

Ditanya kriteria umum calon yang dicari partainya, politikus muda Demokrat yang mengurusi wilayah Sumut itu menyebutkan ada tiga aspek yang akan dijadikan ukuran.

Pertama, popularitas, yang nantinya akan diukur lewat survei. Kedua, kredibilitas atau kualitas calon. “Untuk menilai kredibilitas calon, kami akan melacak, mencari informasi tentang kandidat itu,” ujar Hinca.

Ketiga, logistik alias modalnya harus kuat. “Jadi jangan hanya mengandalkan satu dan dua saja (popularitas dan kredibilitas, red),” kata pria yang juga Ketua Komdis PSSI itu.

Bagaimana bisa tahu calon itu tajir atau tidak? Hinca mengatakan, saat tahap wawancara nantinya akan ditanya tentang cara-cara kampanye pemenangan. “Di situ nanti akan ketahuan. Kalau tak ada logistik ya repot,” cetus pria bergelar doktor itu. (jp/ind)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close