Ini Empat Jabatan Yang Ditanggalkan Tjahjo Kumolo Sebelum Jadi Menteri PAN-RB

  • Whatsapp
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo

INDOPOLITIKA.COM- Empat jabatan yang disandang politikus PDI Perjuangan ini terpaksa harus dilucuti menyusul penugasan baru yang diberikan Presiden Jokowi sebagai Menteri Pedayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB). Apa saja keempat jabatan Tjahjo yang ditanggalkan?

“Pertama sebagai Mendagri yang diserahkan ke Pak Tito Karnavian, lalu serah terima Ketua Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP). Selanjutnya Waketum Kompolnas (Komisi Kepolisian Nasional) yang sudah saya jalani selama tiga tahun, dan Menkumham yang ini yang saya jabat selama 23 hari,” ujar Tjahjo Kumolo di Jakarta Rabu (23/10/2019).

Baca Juga:

Dia mengklaim, jabatan singkatnya sebagai Menkumham nyaris memecahkan rekor jabatan tercepat yang pernah dipegang oleh Mahfud MD sebagai Menkumham. Memang berdasarkan data yang dikutip dari wikipedia Mahfud MD di era pemerintahan Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pernah menjabat sebagai Menkumham hanya tiga hari. Yakni pada 20 Juli 2001 – 23 Juli 2001. Penggantinya adalah Yusril Ihza Mahendra.

Kembali ke Tjahjo Kumolo. Bermodal pengalaman panjang di dunia politik, Tjahjo merasa sama sekali tak ada beban menjabat Menteri PAN-RB. “Lebih dari separuh usia saya berkecimpung dalam dunia politik,” ujar Tjahjo.

Di Kementerian PAN-RB Tjahjo ditugaskan Jokowi untuk mempercepat proses reformasi birokrasi yang efisien dan efektif. “Untuk itu saya minta dukungan semua pihak koordinasi dengan kementerian lain, karena kementerian lain tidak sama polanya,” tandasnya. [sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *