Ini Harapan Pengusaha Ritel Untuk Menteri Jokowi Jilid II

  • Whatsapp
pasar ritel tanah air.

INDOPOLITIKA.COM – Pelantikan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin membawa harapan untuk dunia ritel Tanah Air. Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey berharap menteri baru bisa lebih mendorong konsumsi rumah tangga.

Sebab menurutnya, konsumsi rumah tangga merupakan salah satu instrumen penting pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Baca Juga:

Menurut Roy, setengah pertumbuhan ekonomi Indonesia berasal dari konsumsi rumah tangga. Sisanya adalah dibagi dari sektor investasi, belanja pemerintah hingga neraca perdagangan alias impor dan ekspor.

“Karena sektor konsumsi sampai hari ini masih merupakan kontributor terbesar dalam pertumbuhan ekonomi. Hampir 56% dikontribusikan konsumsi. Baru ada hitungan investasi baru ada hitungan pengeluaran pemerintah baru ada hitungan impro dikurangi ekspor. Artinya apa begitu pentingnya konsumsi harus dijaga,” jelasnya.

Roy juga berharap para menteri terpilih bisa memahami dan menjalankan visi serta misi dari Presiden Jokowi.

Sebab, tanpa pemahaman maka visi dan misi sebagus apapun yang digagas oleh Presiden Jokowi akan percuma wacana.

“Tentunya pembantu presiden yang pertama kali substansinya di kala terpilih menjadi menteri itu perlu memahami mendalami bahkan menjalankan mengkonkretkan visi dan misi Pak Presiden (Jokowi),” ujarnya.

Menteri yang sudah terpilih, menurut Roy, baiknya bisa lebih banyak melibatkan para pelaku usaha dalam membuat kebijakan.

Sebab menurutnya, hanya para pelaku usaha lah yang mengetahui kondisi yang ada di lapangan dan biasanya menteri profesional hanya ahli dalam menguasai bidangnya saja.

“Menteri yang baru harus melibatkan pelaku usaha dalam hal membuat roadmap kementerian itu sendiri. Karena yang sangat mengerti market adalah pelaku usaha terlepas Menterinya apakah profesional tapi profesionalnya seorang menteri kan hanya di bidangnya saja,” tukas Roy.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *