Ini Perbedaan Karakteristik Teroris JI & JAD

  • Whatsapp
Karo Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo (ist)

INDOPOLITIKA.COM- Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo menjelaskan perbedaan cara berbaiat maupun bergabung antara kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI) yang terafiliasi ke Al-Qaeda dan Jamaah Ansharut Daullah (JAD) yang terafiliasi ke ISIS.

Dedi membeberkan, cara berbaiat dan bergabung dengan teroris JAD di Indonesia cukup sederhana. Yakni lewat media sosial baik Youtube, Telegram maupun Facebook.

Baca Juga:

Lebih lanjut, Dedi mengungkapkan sampai saat ini jaringan kelompok JAD itu beberapa ada yang belum pernah bertemu satu sama lainnya, seperti Abu Zee dengan anggotanya. Mereka hanya bercakap dan bertukar informasi melalui media sosial melalui Telegram.

“Artinya tidak harus secara langsung bertemu, tetapi kan intensitas di media sosial terstruktur. Kalau mau amaliyah, pasti akan menyampaikan lewat media sosial mereka,” tuturnya, Senin (14/10).

Sementara jaringan JI, tidak melulu melalui media sosial. Cara berbaiat dan bergabung mereka lewat orang yang dikenal satu sama lain, agar lebih terstruktur secara nyata dan untuk mengindari aksi spontan teror.

“Kalau mereka yang berbaiat ke ISIS (JAD), untuk aksi amaliyahnya adalah sel-sel yang independen (lonewolf). Artinya bisa saja jadi suicide bomber maupun pakai senjata tajam,” kata dia.

Belakangan diketahui, kelompok jaringan terorisme di Indonesia sudah mulai menyebar ke seluruh wilayah Indonesia. Mereka terdiri dari anggota JAD dan JI. Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror telah menangkap 22 tersangka tindak pidana terorisme sejak 11-14 Oktober 2019.

Semua pelaku tersebut ditangkap dan dijadikan tersangka karena terbukti terlibat dalam gerakan terorisme di sejumlah daerah, baik hanya pada tataran konsep amaliyah maupun sudah menyiapkan beberapa bom untuk bunuh diri.

Para tersangka itu ditangkap di beberapa wilayah antara lain, di Banten, Bali, Jakarta, Sulawesi Utara, Jambi, Lampung, Sulawesi Tengah, Jawa Barat dan Lampung.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *