Ini Pesan Kemendagri untuk DPRD jelang Pilkada Serentak

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Sekjen Kementerian Dalam Negeri Hadi Prabowo meminta DPRD Provinsi maupun kota/kabupaten di Seluruh Indonesia, terutama daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada, untuk turut menyukseskan Pilkada Tahun 2020.

“Kami juga inginkan nanti di daerah Tahun 2020 sebagaimana kami pesankan, akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah, ada di 270 daerah dari mulai pemilihan gubernur, bupati dan walikota, tentunya ini harus diselenggarakan dengan baik,” kata Hadi belum lama ini.

Baca Juga:

DPRD juga diminta untuk mengawal dan mengikuti setiap proses penyelenggaraan Pilkada dari berbagai aspek, dari Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), penetapan distribusi logistik, hingga mendorong partisipasi masyarakat.

“Semua harus berjalan dengan baik, dari aspek penyelenggaraan dari awal NPHD, angggaran untuk KPU, Bawaslu, pengamanan, tentunya bapak/ibu mengawasi penetapan distribusi logistik, serta upaya untuk mendorong partisipasi masyarakat agar menggunakan hak pilihnya,” ujarnya.

Diterangkan Hadi, pada Pilkada Tahun 2018, tingkat partisipasi masyarakat mencapai 73%, sementara itu, tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu Serentak 2019 mencapai 81% persen lebih. Dengan capaian itu, diharapkan pada Pilkada 2020 tingkat partisipasi masyarakat kian meningkat.

“Kita harapkan 270 daerah di Pilkada ini mampu ada peningkatan seiring dengan  peningkatan partisipasi masyarakat pada Pemilu secara serentak pada tahun 2019,” kata Hadi.

Pelaksanaan Pilkada tahun 2020 akan diikuti oleh 270 daerah dengan rincian 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Sembilan provinsi yang akan melaksanakan pemilihan gubernur meliputi Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah.{asa}

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *